Rp62 Juta per Unit, Huntap Warga Leuwiliang Segera Dibangun

Bencana alam di wilayah Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. (Dok.Pakar)

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, menganggarkan Rp62 juta untuk satu unit hunian tetap (huntap) bagi korban bencana di Kecamatan Leuwiliang dan Pamijahan.

“Anggarannya sudah kami sepakati Rp62 juta untuk satu rumah berikut pembelian tanah. Itu dari APBD,” ujar Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Minggu (10/7/2022).

Selain dari APBD Kabupaten Bogor, lanjut Iwan, korban bencana tersebut akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Begitu juga bantuan dari masyarakat lainnya yang diharapkan dapat meringankan para korban bencana banjir bandang tersebut.

“Untuk jumlah unit rumah yang akan dibangun huntap bisa 100 lebih dari dua kecamatan tersebut. Sementara sambil menunggu pembangunan huntap para koban ini diberikan biaya untuk sewa rumah,” ungkap Iwan.

Namun begitu, Iwan menyebut jika pembangunan huntap pertama dilaksanakan untuk warga terdampak bencana di Kecamatan Leuwiliang. Sebab, lahan untuk relokasi sudah ditetapkan.

“Laporan dari DPKPP untuk korban bencana yang di Kecamatan Leuwiliang sudah bisa direlokasi, karena Pemkab Bogor sudah menemukan lahannya,” kata dia.

Sedangkan untuk korban bencana yang ada di Kecamatan Pamijahan, Pemkab Bogor masih mencari lahan yang tepat. Sebab, warga terdampak bencana harus direlokasi mengingat lokasi tempat tinggal mereka sangat rawan bencana.

“Untuk yang warga Pamijahan yang ada si Desa Cibunian itu wajib direlokasi karena mereka tinggal di dekat tebing-tebing dan perbukitan. Saat ini kita masih mencari harga yang cocok untuk lahannya,” jelas Iwan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.