Roda Ekonomi Mulai Bergerak, Cafe dan Restoran Beroperasi Kembali Tapi Bersyarat

Bupati Bogor Ade Yasin. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Geliat ekonomi di sektor rumah makan, cafe dan restoran mulai bergerak kembali. Sebab, Pemerintah Kabupaten Bogor mulai memberikan kelonggaran bagi para pelaku usaha tersebut pada perpanjangan PPKM Level 4 kali ini.

Berdasarkan Keputusan Bupati Bogor Nomor 443/404/Kpts/Per-UU/2021, restoran, rumah makan dan cafe diperbolehkan beroperasi hingga pukul 20.00 WIB. Dengan kapasitas maksimal 25 persen dari total kapasitas pengunjung, dan maksimal kapasitas satu meja diisi oleh dua pengunjung.

“Kalau pada PPKM Level 4 kemarin, batas makan di tempat itu 25 menit. Nah kalau sekarang batas maksimalnya ditambah jadi 30 menit,” kata Bupati Bogor Ade Yasin, Kamis (19/8/2021).

Perpanjangan PPKM Level 4 yang berlaku hingga 23 Agustus mendatang ini juga memberikan “nafas” kepada para pelaku usaha warung makan tradisional lainnya. Seperti warteg, pedagang kaki lima dan lapak jajan lainnya.

Selain sektor di atas, Pemerintah Kabupaten Bogor juga memberikan kelonggaran untuk tempat ibadah yang ada di Kabupaten Bogor.

Jika sebelumnya kapasitas rumah ibadah hanya boleh dihadiri 25 persen dari kapasitas jamaahnya. Kini, pada perpanjangan PPKM Level 4, rumah ibadah diperbolehkan menerima jamaah sebanyak 50 persen dari total kapasitas rumah ibadah.

“Tempat ibadah seperti Masjid, Mushola, Gereja, Pura, Vihara dan Klenteng. Serta tempat lainnya yang difungsikan sebag
ai tempat ibadah, boleh menerima jamaah dengan maksimal 50 persen kapasitas atau 50 orang. Tapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dan memperhatikan pengaturan teknis dari Kementerian Agama,” jelas Ade Yasin. =MAM


Berikut sejumlah ketentuan bagi rumah makan dan rumah ibadah di masa PPKM Level 4 di Kabupaten Bogor. Sesuai dengan Keputusan Bupati Bogor Nomor 443/404/Kpts/Per-UU/2021.

  1. Warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 20.00 WIB dengan maksimal pengunjung makan ditempat 3 (tiga) orang dan waktu makan maksimal 30 (tiga puluh) menit
  2. Restoran, rumah makan, kafe diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 20.00 WIB dengan kapasitas maksimal 25%. Satu meja maksimal dua orang, dan waktu makan maksimal 30 menit.
  3. Tempat ibadah (Masjid, Mushola, Gereja, Pura, Vihara dan Klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah), dengan maksimal 50% (lima puluh persen) kapasitas atau 50 (lima puluh) orang dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dan memperhatikan pengaturan teknis dari Kementerian Agama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.