Ridwan Kamil Angkat Tangan Bangun Jalur Tambang

0
24

BOGOR – Pemerintah Provinsi Jawa Barat sengaja tak memasukan nomenklatur pembangunan jalur tambang di Kabupaten Bogor dalam APBD tahun anggaran 2019. Alasannya, kebutuhan anggaran yang cukup besar.

“Pemprov Jabar menyerahkan rencana pembangunan jalan tambang di Kecamatan Rumpin, Parungpanjang dan Gunungsindur kepada para pengusaha tambang,” kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil kepada pewarta usai launcing BJB Mesra di Masjid Jami Al Hikmah Kampung Cibeber, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Selasa (27/11/2018).

Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil menerangkan, untuk mewujudkan fisik jalur tambang sepanjang 23 kilometer, diperkirakan menghabiskan anggaran Rp400 miliar. Untuk realisasinya tidak bisa cepat, memerlukan prosedur. Tidak seperti membangun sebuah rumah tinggal.

Kemudian, lanjut mantan Wali Kota Bandung itu, sebelum direalisasikan perlu dilakukan studi kelayakan atau Feasibility Study (FS), dan itu akan dilaksanakan di 2019 mendatang dalam APBD Perubahan.

“Jadi, kebutuhan anggaran yang besar menjadi salah satu alasan mengapa Pemprov Jabar tak memasukan nomenklatur pembangunan jalan tambang di utara Kabupaten Bogpr dalam APBD 2019 Jawa Barat,” jelas dia.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Wawan Hikal Kurdi mengaku pesimis rencana pembangunan jalan tambang dapat terealisasi. Terlebih anggaran yang dibutuhkan sangat besar mencapai Rp 400 miliar.

“Uang Rp 400 miliar kan bukan sedikit, sepertinya sih sangat sulit mengharapkan semuanya dari pengusaha tambang. Parahnya lagi, APBD Provinsi Jawa Barat pun tak mungkin sanggup, karena program yang harus dibiayai provinsi di 27 kota/kabupaten sangat banyak,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jawa Barat, Asep Wahyuwijaya menyebut rencana Gubernur Ridwan Kamil akan sangat memberatkan pengusaha.

“Jika dikalkulasi dengan kemampuan keuangan, semua perusahaan tambang yang ada, sepertinya rencana dari Kang Emil itu sulit diwujudkan,” katanya.

KHAERUL UMAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.