Revitalisasi Pasar Cisarua Tahap Dua Direncanakan Dibangun Pertengahan Tahun Ini

Salah satu blok di pasar Cisarua yang baru saja selesai direvitalisasi. Yusman | Pakar

CISARUA – Revitalisasi Pasar Cisarua tahap kedua dalam waktu dekat akan kembali direalisasikan. Namun begitu, BUMD milik Pemkab Bogor ini menwanti-wanti agar rencana pembangunan tahap dua Bantuan Provinsi tak membuat jumlah pedagang di pasar meningkat.

Kepala unit Pasar Cisarua, Mira Fatriana mengatakan, revitalisasi tahap kedua ini akan membangun blok A dan C setelah sebelumnya Blok D dan B yang sudah dilaksanakan.

“Kemarin sih baru rapat rencana pembangunan tahap dua Banprov,” ujar Mira kepada wartawan belum lama ini.

Lanjut dia, bedasarkan hasil rapat pembangunan tahap dua akan dilakukan pada April mendatang. pembangunan tersebut, menurutnya, bersifat penataan ulang sejumlah Pegadang Kali Lima (PKL) di Pasar Cisarua.

Sementara total jumlah PKL, kata Mira, bedasarkan data tercatat sebanyak 200 PKl. “Justru ditekan agar jumlah PKL tidak bertambah. Sekaligus penataan ulang agar tidak semerawut,” ungkapnya

Ia berharap, rencana pembangunan ini bisa membawa tren positif untuk masyarakat maupun pedagang di Pasar Cisarua. “Selain itu penataannya bisa lebih rapi, jadi pengunjung juga bisa masuk dengan nyaman,” singkatnya.

Sebelumnya, PD Pasar Tohaga tinggal menunggu penyerahan bangunan dari Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kabupaten Bogor sebagai pengguna anggaran. Selain itu mengingat saat Gubernur Jabar Ridwan Kamil melakukan peletakan batu pertama juga meminta, agar Pasar Cisarua tidak hanya menjadi pasar seperti biasanya yang hanya konvensional.

Namun ia menginginkan semua pasar juga memiliki nilai pariwisatanya, agar menjadi daya tarik masyarakat untuk pergi ke pasar, terutama pasar Cisarua yang sudah terkenal nilai pariwisatanya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.