Rentetan Aksi Kriminalitas di Cileungsi Membuat Warga Khawatir dan Panik

Ilustrasi tawuran pelajar. IST

CILEUNGSI – Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor disebut menjadi wilayah dengan tingkat Kriminalitas tinggi. Sebab, sejumlah aksi kejahatan terjadi setiap pekannya.

Aksi kriminalitas tersebut dari mulai tawuran geng motor hingga pencurian kendaraan bermotor.

Bahkan, dalam sepekan terakhir saja sudah terjadi dua kali tawuran di Jalam Raya Narogong, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Terbaru, aksi tawuran geng motor itu terjadi dini hari, sekitaran pukul 02.00 WIB. Aksi tawuran itupun viral di sejumlah media sosial.

Selain itu, wilayah Cileungsi pun rawan kasus pencurian motor, terakhir aksi pencurian sepeda motor oleh kawanan maling motor mengunakan senpi (senjata api) terjadi pada Sabtu (2/12/2023).

Pencurian sepeda motor itu dilakukan di kantor Damkar, Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Saat hendak melakukan pencurian, aksi kawanan maling motor bersenpi itu kepergok oleh petugas damkar yang sedang istirahat di dalam mobil damkar.

Pelaku yang panik, kemudian melarikan diri sembari melepaskan tembakan ke arah mobil damkar.

Aksi kawanan motor bersenpi tersebut pun terekam kamera ponsel dan viral di media sosial. Salah satunya di akun Instagram @wargatizenbogor.

Dalam postingan itu memperlihatkan lubang tembakan senjata api menembus bangian depan mobil damkar. Tepatnya di bagian depan kiri mobil. Dibawah kaca depan sebelah kiri.

Nampak juga petugas kepolisian sedang melakukan olah TKP dan memasang garis polisi.

Kasus curanmor di kecamatan Cileungsi bukan kali ini saja terjadi dalam sepekan terakhir sudah terjadi empat kasus curanmor. Hal inipun membuat warga Cileungsi merasa tidak aman.

“Parah di Cileungsi sekarang, kalau gak begal, tawuran. Maling motor udah sering banget. Sama yang di Damkar sudah empat kali kejadian,” ujar Opik salah satu warga Desa Dayeuh kepada wartawan, Senin (4/12/2023).

Senada dikatakan Marni, warga Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Ia pun berharap Cileungsi kembali aman.

“Memang parah sekarang di Cileungsi, banyak tawuran geng motor dan maling motor,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu tokoh Masyarakat Kabupaten Bogor Atiek Yulis turut mengomentari perihal tingginya tidak kriminal di Kecamatan Cileungsi.

Menurutnya, aksi kejahatan di Cileungsi sudah masuk katagori tinggi jika melihat dari banyaknya kasus yang ada, dari mulai tawuran geng motor dan pelajar, serta, penembakan oleh pelaku curanmor di lingkungan kantor Damkar sektor Cileungsi.

“Ini sudah mengerikan, harus dituntaskan dan segera tangkap pelaku curanmor bersenjata api di Cileungsi itu,” ujar Atiek.

Wanita yang menjabat sebagai ketua MPB (markas pejuang Bogor) itu percaya, meminta agar Polsek Cileungsi harus tegas dan cepat dalam penanganan kasus kejahatan yang kian marak di Cileungsi tersebut.

Apalagi, kata dia Kapolsek Cileungsi saat ini sebelumnya menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Bogor. Atiek meyakini, Kapolsek Cileungsi bisa diandalkan dalam menekan angka kriminalitas yang tinggi di Cileungsi. Terbukti dengan mampu menyelesaikan sejumlah kasus yang pernah ditangani saat menjabat kasat Reskrim di Polres Bogor.

“Kapolseknya mantan Kasat Reskrim yang sangat andal dan sudah biasa menuntaskan banyak kasus ketika menjadi kasat reskrim di Polres,” ungkapnya

Perihal maraknya aksi tawuran, Atiek juga meminta agar polisi berkolaborasi dengan TNI juga sekolah serta para orang tua. Kata dia aksi tawuran itu hanya bisa diselesaikan dengan cara bersama Sam, tanpa mengandalkan satu sama lain.

“Untuk kasus tawuran seharusnya semua ikut terlibat, tidak hanya kepolisian, tapi masyarakat semuanya,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.