Relokasi Kabel Udara ke Tanah di Kota Bogor Harus Selesai Agustus, Rena: Akan Saya Pantau Terus

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor Rena Da Frina saat memantau proses relokasi kabel udara ke dalam tanah, kemarin.  IST

BOGOR – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor berjanji pekerjaan penataan atau relokasi kabel dari udara ke dalam tanah, untuk kawasan Jembatan Otista hingga Alun-Alun Kota Bogor, bakal selesai sesuai target.

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor Rena Da Frina mengungkapkan, relokasi kabel yang dikerjakan bersama Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) tersebut ditargetkan selesai pada Agustus 2024.

Masih kata Rena, saat ini pekerjaan penggalian sudah dilakukan hingga di sekitar jalur Sistem Satu Arah (SSA), tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda sekitar Kantor Pos Indonesia.

“Jadi, kontraktor janji sama dinas akan selesai tiga bulan. Dari Mei pertengahan, Agustus harusnya beres. Tentu saya evaluasi dan pantau terus,” tegas Rena, kepada wartawan, Minggu (9/6/2024).

Rena menuturkan, petugas di lapangan mengalami kendala di mana kondisi eksisting jalan yang digali ternyata banyak mengandung tanah dan bebatuan. Oleh karena itu, ada perubahan jarak lubang yang harus digali dari rencana awal.

“Sejumlah kendala teknis begitu, bisa dikomunikasikan dan dikoordinasikan. Tergantung pemilihan vendor yang tepat,” tukas Rena.

Rena menjamin, kontraktor mengerjakan penggalian dan merapikannya dengan baik. Agar jalan dan trotoar yang sudah dibangun oleh Dinas PUPR tidak rusak dan membuat masyarakat tidak nyaman.

“Saya juga minta ketika mereka gali, perbaiki seperti sedia kala. Saya tidak mau galiannya amblas, trotoar rusak, naik turun, bentuk tak simetris lagi seperti semula. Saya tegaskan itu dan mereka menyepakati,” ucap Rena.

Diketahui, penataan kabel di sekitar Jembatan Otista hingga ke Alun-Alun ini menjadi salah satu dari dua kawasan di Kota Bogor yang menjadi pilot project wilayah tanpa kabel udara, dengan dilakukan penataan atau relokasi ke dalam tanah.

Dua kawasan itu ialah sepanjang Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Tanah Sareal dan kawasan sekitar Jembatan Otista hingga ke Alun-Alun. Penataan kabel di dua kawasan ini dilakukan bersama Apjatel Kota Bogor.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.