Realisasi Pancakarsa, Pemkab Luncurkan Kartu Bodas Pengganti KIP Bagi Pelajar

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor meluncurkan Kartu Bogor Cerdas (Bodas) tahun 2023 sebagai komitmen merealisasikan program Pancakarsa yakni Karsa Bogor Cerdas yang dilaksanakan di Auditorium Sekretariat Daerah, Cibinong, pada Selasa (5/12/2023).

Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan bahwa salah satu dari program Pancakarsa adalah Karsa Bogor Cerdas dimana di dalamnya ada yang namanya Kartu Bogor Cerdas (Bodas) sebagai janji kami kepada masyarakat lima tahun lalu.

Hari ini merupakan wujud dari implementasi janji tersebut, kalau di tingkat nasional ada yang namanya Kartu Indonesia Pintar, di Kabupaten Bogor ada Kartu Bogor Cerdas yang anggarannya dari APBD.

“Alhamdulillah hari ini bisa kita wujudkan, kita kembali luncurkan Kartu Bogor Cerdas di tahun 2023, yang merupakan bantuan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, diberikan kepada siswa SD dan SMP yang kurang mampu yang terdata dalam Dapodik dan belum terlayani Program Indonesia Pintar,” katanya.

Iwan menjelaskan bahwa tahun ini merupakan kebijakan yang membuktikan keberpihakan Pemkab Bogor kepada peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Bogor.

“Jika Kartu Bogor Cerdas dijalankan dengan baik di Kabupaten Bogor, insya Allah dapat meningkatkan capaian rata-rata lama sekolah di Kabupaten Bogor. Serta tercipta generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, berdaya saing dan berakhlak mulia. Demi mewujudkan Karsa Bogor Cerdas dan cita-cita Indonesia Emas,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah menerangkan, program Karsa Bogor Cerdas merupakan tekad untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing di tingkat nasional dan global.

“Kartu Bogor Cerdas (Bodas) merupakan bagian dari program Pancakarsa yakni Karsa Bogor Cerdas, kartu Bodas diberikan kepada siswa SD dan SMP yang kurang mampu yang terdata dalam dapodik dan belum terlayani Program Indonesia Pintar,” ucapnya.

“Kartu Bogor Cerdas pada tahun 2023 ini akan disalurkan bantuan kepada 19.184 siswa SD dengan bantuan sebesar Rp.250.000 per orang. Kemudian 8.876 siswa SMP dengan bantuan sebesar Rp.300.000 per orang,” terang Juanda Dimansyah.

Ia menuturkan untuk program Bogor Cerdas tahun 2023 ini mengarah kepada pemberian stimulant bantuan bagi peserta didik kurang mampu di jenjang SDN dan SMPN.

Rincinya, untuk jenjang sekolah dasar penerima sebanyak 19.184 murid dari 1.284 SDN, dan 8.876 siswa penerima di jenjang SMP.

“Bantuan akan langsung disalurkan melalui rekening perbankan BJB masing-masing penerima, dimana total besaran dana yang disalurkan sebanyak Rp. 4.787.000.000 untuk jenjang SD atau satu anak sejumlah Rp. 250 ribu, dan Rp. 2.662.800.000 untuk jenjang SMP atau satu anak sejumlah Rp. 300 ribu,” tandasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.