Realisasi BLT BBM di Cianjur Capai 98,45 Persen

CIANJUR – Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) dan bantuan sembako di Kabupaten Cianjur, terealisasi hingga Senin (19/9/2022) lalu sudah mencapai 98,45%. Dari cakupan penerimanya sebanyak 244.134 KPM dari total penerima sebanyak 247.972 KPM.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengaku berdasarkan update realisasi penyalurannya dilakukan setiap hari. Berdasarkan data laporan dari Kantor Pos sebagai pihak penyalur.

“Memang sejauh ini, hingga 19 September 2022, realisasi penyaluran BLT BBM dan bantuan sembako di Kabupaten Cianjur sudah mencapai 98,45%,”terang Asep, kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Namun, kata Asep pihaknya akan segera mengevaluasi progres realisasi penyalurannya bersama Kantor Pos. Kalaupun masih terdapat KPM yang belum menerima, akan ditelusuri penyebabnya.

“Misalnya untuk yang belum, kendalanya apa. Apakah pindah alamat, meninggal dunia, atau ada penyebab lain. Kita belum mengevaluasinya,”bebernya.

Asep mengatakan berdasarkan hasil pantauan dan pelaporan, sejauh ini penyaluran BLT BBM di Kabupaten Cianjur berjalan lancar. Data KPM penerima BLT BBM berasal dari Kementerian Sosial yang merupakan penerima PKH dan BPNT.

“Namun bisa saja ditambah dengan data yang baru karena kami juga kan mengusulkan. Setiap ada data baru dari masyarakat pasti kami usulkan. Tapi kewenangan meng-acc ada di Kementerian Sosial. Kami hanya mengajukan,”ujarnya.

Setiap KPM, lanjut Asep mendapatkan BLT BBM dan bantuan sembako sebesar Rp500 ribu. Rinciannya, BLT BBM sebesar Rp300 ribu atau masing-masing KPM sebesar Rp150 ribu untuk penyaluran bulan September dan Oktober ditambah Rp200 ribu untuk bantuan sembako atau bantuan pangan nontunai alokasi bulan September tapi dibayar tunai.

“Kalau BLT BBM itu totalnya Rp600 ribu untuk alokasi pembayaran September, Oktober, November, dan Desember. Tapi baru dibayarkan Rp300 ribu untuk September dan Oktober,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.