Razia di Lapas Cianjur, Puluhan HandPhone Disita

CIANJUR – Belasan telepon selular diamankan lapas Cianjur saat melakukan razia ke sejumlah kamar tahanan narapidana kasus narkoba. Hal itu dilakukan untuk mencegah peredaran dan pengendalian narkoba dari dalam lapas. Kalapas Cianjur, Heri Aris Susila mengatakan, razia dilakukan saat malam hari bersama petugas gabungan dari BNNK dan Polres Cianjur.

“Razia dilakukan di kamar tahanan narapidana kasus narkoba, mengingat belakangan ini kami berhasil mengungkap dan menggagalkan upaya penyelundupan narkoba ke lapas,” ujar Heri, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya dari hasil razia tersebut diamankan sekitar 17 telepon seluler dari tangan para narapidana. Alat komunikasi yang dilarang ada di dalam lingkungan lapas tersebut langsung dimusnahkan. “Yang kami temukan ada belasan. Langsung kami musnahkan bersama barang-barang lainnya yang memang dilarang ada di lingkungan lapas,” kata dia.

Heri menjelaskan telepon seluler tersebut diduga diselundupkan dengan berbagai cara, mulai dari dilemparkan dari luar lapas hingga adanya kelemahan dalam pemeriksaan di akses masuk Lapas saat kunjungan dari keluarga narapidana.

“Banyak kemungkinan, yang jelas kita masih terus berusaha agar tidak ada lagi telepon seluler di lingkungan lapas. Para sipir kita bina lagi, dan pengetatan juga dilakukan. Termasuk razia rutin,” kata dia. NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.