Ratusan Warga Tugu Selatan Gelar Tradisi Rebo Wekasan

Warga Tugu Selatan saat menggelar Rebo Wekasan. Firman | Pakar

CISARUA – Ratusan warga Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, memperingati tradisi Rebo Wekasan dengan cara berdoa bersama serta festival ketupat, Rabu (13/09/23).

Ratusan warga memadati festival ketupat hal ini guna memperingati hari rebo wekasan, bahkan tradisi tersebut sudah dijalankan secara turun temurun dari nenek moyang. “Dalam tradisi rebo wekasan itu yang utama adalah para warga Tugu Selatan bersama-sama melaksanakan solat sunat dan dzikir bersama di Mesjid sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala macam bencana dan penyakit,” ungkap Kades Tugu Selatan, Eko Windiana.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga agar mempererat tali persaudaraan serta menjaga nilai budaya yang harus diperingati setiap tahunnya. “Setelah itu warga bersama-sama melaksanakan makan bersama sebagai bentuk sedekah antar warga serta untuk merekatkan silaturahmi warga dengan ciri khas yang ada di wilayah Puncak yakni ketupat,” kata dia.

Ia menilai, makna dalam tradisi rebo wekasan agar terhindar dari berbagi macan penyakit, mara bahaya serta diberikan perlindungan oleh sang maha kuasa. “Kegiatan ini dilaksanakan oleh sebagian masyarakat juga salah satu tradisi yang diwariskan dari para guru dan alim ulama puncak, hal ini juga sudah dilaksanakan turun temurun oleh warga masyarakat desa tugu selatan,” tuturnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga akan membuat festival ketupat di setiap tahunnya agar tradisi tersebut tidak sirna dimakan waktu dan zaman. “Warga yang hadir sekitar 500 orang kedepannya desa akan jadikan agenda tahunan yakni desa festival ketupat, hal ini agar budaya dan tradisi ini bertahan juga mampu mendorong wisatawan bisa semakin banyak datang ke desa wisata,” tuntasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.