Ratusan Hektar Lahan PTPN VIII Gunung Mas Tergolong Kritis

Lahan PTPN VIII yang masih terjaga dan tidak beralih fungsi. IST

CISARUA – PT. Perkebunan Nusantara VIII Gunung Mas mencatat ada 119 hektar lahan yang tergolong kritis dari total 1.623 hektar lahan di Gunung Mas

Direktur Utama PTPN VIII, Muhamad Yudayat mengungkapkan, beberapa kejadian bencana yang terjadi di kawasan Gunung Mas membuat sejumlah upaya mesti dilakukan untuk menghindari terjadinya bencana kembali.

Salah satu yang sedang dilakukan, kata dia, yaitu melakukan penanganan lahan kritis dengan memulai melakukan penanaman pohon-pohon.

“Jadi lahan-lahan PTPN VIII yang tergolong kritis yang akan kita coba benahi,” ujar Muhammad Yudayat kepada wartawan.

Total pohon yang ditanam di seluruh lahan PTPN VIII sebanyak 1.700.020 pohon, dari mulai pohon keras, kopi hingga buah-buahan. “Itu semua kita alokasikan dan mulai ditanam di seluruh lahan PTPN VIII,” ucapnya.

Sementara, lahan PTPN VIII yang terhampar di 23 Kabupaten dan 2 Provinsi Jawa barat dan Provinsi Banten memilik lahan kritis hingga 2.151 hektar.

“Jadi, terkait lahan kritis, PT Perkebunan Nusantara VIII akan mencoba memprogramkan hingga 3 tahun kedepan dalam menangani lahan-lahan kritis, supaya kedepannya tidak dianggap kritis lagi,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.