Ratusan Guru PNS Pensiun Tahun Ini, Pendidikan di Kabupaten Bogor Tak Maksimal

Ketua PGRI Kabupaten Bogor, Amsohi. IST

CIBINONG – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bogor, mengharapkan rekrutmen guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa lebih banyak didapatkan.

Ketua PGRI Kabupaten Bogor, Amsohi mengatakan, kekurangan guru terkhusus mereka yang berstatus PNS, masih terjadi.

Kondisi itu, kata dia, ditambah dengan pensiunnya ratusan guru PNS setiap tahunnya di wilayah Bumi Tegar Beriman.

“Kami harap kekurangan guru PNS ini bisa ditutupi atau bisa digantikan oleh para guru yang sudah lama mengabdi. Karena mereka lebih banyak pengalaman mengajar dan banyak mengetahui mengenai mengajar,” kata Amsohi kepada PAKAR, Kamis (30/6/22).

Berdasarkan informasi yang didapat, pada tahun ini ada sekitar 500 guru yang akan pensiun dari sekitar 7.000 guru PNS yang ada di Kabupaten Bogor.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah mengatakan, pensiunnya guru setiap tahunnya tidak berbanding lurus dengan terus bertambahnya jumlah siswa.

Bahkan, kata dia, rekrutmen guru di Kabupaten Bogor melalui skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), belum mampu menutup kekurangan pendidik berstatus PNS yang terjadi selama ini.

“Untuk SD saja kita punya 1.539 sekolah sedangkan SMP ada 110. Sedangkan jumlah guru yang berstatus PNS sekitar 7.000an dan itu ada sudah memasuki masa pensiun,” kata Juanda.

Sejak 2019 hingga 2021 Pemkab Bogor telah merekrut 2.431 PPPK. Dimana pada 2019 ada 1.112 orang yang diangkat menjadi guru PPPK, lalu pada 2021 ada 1.319 orang. Dengan angka tersebut, Juanda berharap dapat menutupi kekurangan guru yang ada.

“Kalau ngomong ideal yah memang belum ideal. Tapi kita ingin menutupi kebutuhan yang ada dengan guru PPPK ini. Karena selain guru PPPK kita juga masih ada guru honorer yang lainnya,” paparnya. =MAM/MG1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.