Ratusan Calon Peserta Guru PPPK Kecamatan Rumpin Ikuti Giat Pembekalan

Ratusan calon guru P3K dari Kecamatan Rumpin tampak mengikuti giat pembekalan di Gedung PGRI Rumpin, Rabu (15/9/2021). Fahri | Pakar

RUMPIN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini tengah membuka seleksi penerimaan calon guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) tahun 2021.

Rekrutmen guru honorer 2021 ini terbuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) atau Strata 1 yang saat ini tidak mengajar.

Guru P3K merupakan guru bukan PNS yang diangkat berdasar perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas mengajar.

Dalam rangka persiapan seleksi P3K tersebut, PGRI Kecamatan Rumpin didukung penuh Koryandik dan Muspika Rumpin menggelar giat pembekalan kepada ratusan orang calon peserta seleksi guru P3K. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung PGRI Kecamatan Rumpin.

Kepala PGRI Kecamatan Rumpin, Suwarna mengungkapkan, acara pembekalan bagi calon guru P3K seharusnya sudah dilaksanakan pada Bulan Juli lalu. Namun karena terhalang PPKM, kegiatan tersebut baru bisa dilaksanakan pada bulan Agustus 2021.

“Tujuan acara pembekalan ini untuk membekali para sahabat – sahabat guru pelaksana yang akan ikut tes P3K sehingga nantinya mempunyai gambaran saat pelaksanan tes,” ungkap Suwarna, Rabu (15/9/2021).

Suwarna berharap, ratusan orang calon guru P3K yang telah ikut giat pembekalan semuanya bisa lulus. seratus persen lulus. Terlebih saat ini di wilayah Kecamatan Rumpin masih kekurangan guru PNS.

“Seleksi guru 3K itu tidak ada batasan, hanya saja sesuai arahan pemerintah persyaratan jenjang pendidikannya harus S1. Kalau sudah S1, siapapun juga boleh ikut. Saat ini di Kecamatan Rumpin, yang PNS dan guru honor kurang lebih ada 500 guru,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Pelayanan Pendidikan (Koryandik) Kecamatan Rumpin, Suliman berharap agar giat pembekalan guru P3K ini dapat berjalan dengan baik, sehingga ke depan bisa memenuhi kebutuhan guru di Kecamatan Rumpin.

“Mudah-mudahan dengan adanya pembekalan seperti ini, semuanya bisa lulus tes hingga seratus persen dan menjadi guru P3K nantinya,” kata Suliman. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.