Ratusan Bangunan Liar di Atas Saluran Irigasi Akan Ditertibkan

Bangunan permanen berdiri di saluran irgasi Cibalok Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi. Yusman | Pakar

CIAWI – UPTD Pendayagunaan Sumber Daya Air (PSDA) wilayah Ciliwung-Cisadane berencana akan melakukan penertiban ratusan bangunan yang berdiri di saluran irigasi Cibalok dari mula Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor hingga Kota Bogor.

Petugas di Cibalok, Nazar Adiyana mengatakan, rencana penertiban bangunan liar yang berdiri diatas saluran air berawal dari banyaknya aduan masyarakat karena terjadi penyempitan saluran air.

“Aduan ini sampai ke Dinas PSDA Provinsi, dan setelah sekian lama, akhirnya rencana penertiban pun sedang dirapatkan,” ujar Nazar kepada wartawan.

Saat ini di saluran irigasi Cibalok dari mulai pintu air telah berdiri ratusan bangunan, dari mulai pertokoan hingga jembatan pribadi serta garasi. “Rata-rata bangunan permanen,” ucapnya.

Banyaknya bangunan di atas saluran irigasi berdampak pada penyempitan dan pemeliharaan saluran irigasi. “Ketika banyak bangunan, kami susah mengontrol dan melakukan pemeliharaan, kalau penyempitan sudah pasti,” bebernya.

Pelaksanaan penertiban sendiri UPTD PSDA Ciliwung-Cisadane Provinsi Jabar akan bekerjasama dengan Satpol-PP Kabupaten Bogor.

“Kita prosedural lah, ketika akan dilaksanakan penertiban, kita berikan surat peringatan satu, dua hingga tingga dan terakhir eksekusi,” ungkapnya.

Berdirinya bangunan di atas saluran irigasi Cibalok tidak hanya di Desa Pandansari, tapi hingga kota Bogor dari mulai Tajur hingga Suryakencana. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.