RAPBD Perubahan, Anggaran 2.344 PPPK Sebesar Rp124 Miliar

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Rancangan Anggaran Pendapatan Daerah (RAPBD) Perubahan Tahun 2022 Kabupaten Bogor untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebesar Rp124 miliar.

“Anggaran untuk PPPK tahun 2022 sekitar 2.344 orang ini sebesar Rp124 miliar. Sesuai dengan kebutuhan,” kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan usai rapat paripurna penyampaian dan ekspose RAPBD 2022 di DPRD Kabupaten Bogor, Kamis (29/9/2022).

Dari angka tersebut, tenaga guru mendominasi. Dimana jumlahnya mencapai 2.281 PPPK.

Menurut Iwan, guru menjadi salah satu sektor yang sangat dibutuhkan untuk peningkatan pendidikan di Kabupaten Bogor.

“Sementara 62 PPPK sisanya itu penyuluh dan tenaga administratif,” ungkap Iwan.

Sementara untuk kebutuhan
anggaran gaji PPPK di tahun 2023, Pemkab Bogor memprediksi jumlahnya membengkak menjadi Rp380 miliar.

“Total anggaran sekitar Rp380 miliar, kami coba alokasikan, diusulkan di KUA-PPAS tahun anggaran 2023,” ungkap Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Achmad Wildan beberapa waktu lalu.

Peningkatan secara drastis anggaran gaji PPPK itu lantaran adanya rencana pengangkatan sebanyak 3.620 PPPK di tahun depan.

Wildan menyebutkan, akibat meningkatnya kebutuhan anggaran untuk gaji PPPK, Pemerintah Kabupaten Bogor terpaksa menggeser sebagian anggaran yang semula untuk infrastruktur.

“Digeser beberapa, yang pertama infrastruktur mau tidak mau berkurang, terus kegiatan-kegiatan coba kita kurangi yang sifatnya pelatihan, bimtek, sosialisasi, itu kita alokasikan,” kata Wildan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.