Rakor PHPU, Pj Wali Kota : Terus Junjung Prinsip Netralitas dan Akuntabilitas

BOGOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor bakal melakukan penyandingan data yang menjadi amar putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) di Daerah Pemilihan (Dapil) 3, Bogor Barat.

Ketua KPU Kota Bogor, Habibi Zaenal Arifin mengatakan, permohonan pengajuan itu disampaikan salah satu Partai Politik terkait adanya dugaan pengurangan suara di beberapa TPS di Dapil 3.

Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektor Pasca Hasil Putusan MK PHPU Pemilu 2024 di Mako Polresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Sabtu (15/6/2024).

Meski begitu, KPU Kota Bogor masih menunggu surat resmi dari KPU RI terkait Petunjuk Teknis (Juknis) pelaksanaan amar putusan tersebut.

“Kami akan melaksanakan hal yang menjadi amar putusan di MK yakni penyandingan data yang akan berlangsung selama 15 hari sejak tanggal 6 sampai 20 Juni 2024,” ujar Habibi.

Kemudian hasilnya akan ditetapkan dan dilaporkan ke KPU RI.

Di lokasi yang sama, Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan mengikuti keputusan MK mengenai PHPU ini dan untuk teknisnya ia menyerahkan sepenuhnya kepada penyelenggara.

Ia pun memberikan masukan kepada seluruh stakeholder yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, baik langsung maupun tidak langsung agar terus menjalin sinergitas dan terus kompak.

“Salah satu tugas utama Pj Wali Kota yang diamanahkan pemerintah pusat yaitu memastikan dan menjamin pelaksanaan penyelenggaraan pemilu, baik Pileg yang lalu dan nanti pilkada ke depan berlangsung damai, aman, kondusif tentunya ini memerlukan keharmonisan dan sinergitas,” tegas Hery.

Ia menambahkan, pihaknya pun berharap prinsip-prinsip netralitas, akuntabilitas, kejujuran dan mindset berpikir baik agar terus dijunjung untuk kebaikan Kota Bogor.

Ia pun meminta agar seluruh proses penyandingan berjalan lancar dan tidak ada lagi perubahan.

“Mudah-mudahan juga situasi baik aman, damai dan kondusif ini terus terjaga sampai Pilkada selesai,” ucapnya.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso mengatakan, pihaknya siap siaga akan melakukan pengamanan bersama TNI di setiap momen Pemilu di Kota Bogor. “Semoga kegiatan penyandingan berjalan aman dan para pihak bisa menjaga kondusifitas,” katanya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.