Puskesmas Mande Cianjur Ungkap 11 Balita Menderita Gizi Buruk

Puskesmas Mande, Kabupaten Cianjur. (Ist)

CIANJUR – Pasca meninggalnya anak berusia delapan tahun karena gizi buruk, fakta lain muncul bahwa di Desa Mekarjaya ada 11 bayi di bawah umur lima tahun yang mengalami stunting dan empat balita kurang gizi.

Kepala Puskesmas Mande, Euis Ratna Juwita, membenarkan bahwa ada anak mengalami kurang gizi 4 orang dan 11 balita stunting.

“Setiap desa juga pasti ada cuma ada yang masuk lokus apa tidak, kebetulan Mande bukan lokus fokus stunting karena kurang dari 20 %,” ujar Euis melalui sambungan telepon, Minggu (15/5/2022).

Bidan desa Mekarjaya Erisda Akmalia, mengatakan bahwa data tersebut diperoleh dari hasil kegiatan bulan penimbangan balita (BPB) pada Febuari 2022.

“Itu dari hasil BPB Bulan Febuari kemarin,” katanya.

Menanggapi hal tersebut pihaknya telah memberikan penanganan terhadap semua balita yang mengalami stunting dan gizi kurang dengan memberikan tambahan makanan setiap bulannya.

Erisda mengatakan, selain memberikan makanan bergizi pada balita, juga dilakukan pengukuran tinggi badan dan menimbang berat badan untuk mengetahui tumbuh kembang balita tersebut.

Bidan Rhisa Rosdiana Dewi yang mendampingi Bidan Erisda Akmalia, mengimbau kepada orangtua untuk melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang lebih bernutrisi.

“Kalau yang stunting dan gizi kurang segera beritahu kami, biar langsung diperiksa,” katanya.NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.