Puskesmas Laladon Turunkan Persentase Gizi Kurang dengan Inovasi Desak Sedan

Puskesmas Laladon meluncurkan inovasi Demo Masak Makanan Sehat dan Aman. IST

BOGOR – Angka kasus gizi kurang dan gizi buruk masih menghantui kondisi balita di wilayah binaan Puskesmas Laladon. Pada Bulan Januari tahun 2020 tercatat ada sebanyak 58 anak balita.

Selain itu, angka kenaikan berat badan (BB) pada balita yang datang ke Posyandu atau indikator N/D masih belum mencapai 100% atau hanya sekitar 97,8%.

Sebagian besar kondisi status gizi kurang dan status gizi buruk disebabkan oleh kondisi ekonomi dan kurangnya pengetahuan orangtua dalam pemberian pola makan yang sesuai. Penyebab kondisi ekonomi yang dialami masyarakat memerlukan bantuan dari lintas sektor.

Namun, untuk penyebab kurangnya pengetahuan pola makan, kondisi ini mengelitik hati dan pikiran kami sebagai Pembina Desa untuk dapat memberikan edukasi pemberian pola makan yang tepat dan sesuai bagi balita.

Ada beberapa kegiatan yang diharapkan dapat membantu orangtua dalam menambah pengetahuan pola makan yang sesuai seperti pemberian edukasi melalui food model, leaflet makanan balita, dan praktik masak atau demo masak makanan sehat untuk balita. Demo masak sehat untuk balita dipilih untuk memberikan edukasi dengan cara yang paling menarik.

DESAK SEDAN atau Demo Masak Makanan Sehat dan Aman adalah kegiatan demo masak atau praktik masak dengan menu pangan bergizi berbasis lokal yang dilakukan oleh petugas gizi Puskesmas Laladon pada saat Posyandu menggunakan bahan makanan dan alat-alat yang telah disediakan oleh puskesmas atau posyandu.

Setelah kegiatan demo masak di Posyandu ini diharapkan dapat menambah pengetahuan orangtua dalam pemberian jenis makanan yang variatif dan sehat serta aman bagi balita yang datang ke Posyandu sehingga status gizi balita dapat mencapai status gizi normal dan balita mengalami kenaikan berat barat setiap bulan ujar dr Ade Irawati Rahadjeng, Kepala Puskesmas Laladon. =ADV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.