Puskesmas Cibening Tingkatkan Penjaringan Hipertensi dengan Inovasi SEWA TENDA

Sosialisasi inovasi Sewa Tenda. IST

BOGOR – Hipertensi merupakan penyakit yang sangat berbahaya, karena tidak ada tanda gejala atau tanda khas untuk peringatan dini.

Saat ini penyakit hipertensi banyak diderita pada kelompok pra lansia (usia 45-59 tahun) yang disebabkan karena terjadinya penurunan fungsi organ tubuh, penuaan sel-sel tubuh, jaringan dan imunitas tubuh seiring bertambahnya usia seseorang.

Prevalensi hipertensi di Indonesia masih tinggi yakni pada kelompok umur 45-54 tahun sebesar 35,6%, kelompok umur 55-64 tahun sebanyak 45.9%, dan kelompok umur 65-74 tahun adalah 57.4%. Prevalensi hipertensi di Indonesia yang didapat melalui pengukuran pada umur ≥18 tahun sebesar 25,8 % dan provinsi Jawa Barat menempati urutan ke-4 sebanyak 29,4%.

Berdasarkan data Riskesdas 2018, prevalensi hipertensi berdasarkan hasil pengukuran pada usia 18 tahun sebesar 34,1 %. Dari prevalensi tersebut diketahui bahwa 8,8% terdiagnosa hipertensi dan 13,3% orang yang terdiagnosa hipertensi tidak minum obat serta 32,3% tidak rutin minum obat.

Hal ini menunjukan bahwa sebagian besar penderita Hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya Hipertensi sehingga tidak mendapatkan pengobatan. Oleh karena itu, Puskesmas Cibening meluncurkan gerakan inovatif yaitu inovasi SEWA TENDA guna meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahaya Hipertensi dan peningkatan upaya pengendalian penyakit Hipertensi.

“Inovasi ini merupakan promotif dan preventif dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan cara pemantauan faktor resiko hipertensi yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan priodik” ujar dr. Prambudi Arie Setoadji, Kepala Puskesmas Cibening.

Adapun kegiatan inovasi SEWA TENDA terdiri dari: koordinasi ke Desa dan RT/RW setempat terkait lokasi dan jadwal kegiatan, pembentukan kader PTM, melaksanakan kegiatan penjaringan masyarakat yang beresiko tinggi mengalami hipertensi, sosialisasi implementasi SEWA TENDA, penyuluhan hipertensi, pengukuran tekanan darah, konseling,edukasi, dan tindak lanjut.

Dengan adanya inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan penjaringan kasus hipertensi sehingga diharapkan dapat menurunkan prevalensi hipertensi di wilayah Puskesmas Cibening. =RED/KM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.