Puskesmas Ciampea Meningkatkan Pelayanan Informasi Obat Melalui PIO Plus

Puskesmas Ciampea Kabupaten Bogor meluncurkan Inovasi PIO Plus (Pelayanan Informasi Obat). IST

CIAMPEA – Puskesmas dalam menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama lebih mengupayakan promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.

Apoteker khususnya yang bekerja di Puskesmas dituntut harus merealisasikan perluasan paradigma pelayanan kefarmasian dari orientasi produk menjadi orientasi pasien.
Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan Sediaan Farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien.

Pelayanan informasi obat harus dapat dilakukan secara tepat dengan memberikan edukasi kepada pasien tentang obat yang akan digunakan sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan yang berdampak pada kepuasan dan keselamatan pasien.

Adanya temuan penggunaan obat yang tidak tepat di wilayah Ciampea yang disebabkan karena adanya mispersepsi cara penggunaan obat, penggunaan obat bebas/otc yang dijual di warung yang digunakan tidak sesuai aturan pakai dan anggapan bahwa jika dosis ditingkatkan maka keluhan teratasi, serta pembelian dan penjualan obat keras secara bebas tanpa resep dokter juga ditemukan di wilayah Ciampea.

Menyikapi hal tersebut, Puskesmas Ciampea Kabupaten Bogor meluncurkan Inovasi PIO Plus (Pelayanan Informasi Obat) Plus yang terdiri dari beberapa layanan untuk meningkatkan Pelayanan Informasi Obat di wilayah kerja Puskesmas Ciampea khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Kepala Puskesmas Ciampea dr Budi Suarman menyampaikan bahwa “Kami berusaha semaksimal mungkin mewujudkan layanan prima bagi masyarakat Ciampea melalui program inovasi PIO Plus yang merupakan bentuk upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien”.

Sementara itu, penanggung jawab Inovasi PIO Plus Apoteker Sugiarti menambahkan, dengan program PIO Plus maka dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar, meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam penggunaan obat secara benar dan meningkatkan penggunaan obat rasional.

Adapun Kegiatan pokok Inovasi PIO Plus terdiri dari Layanan Sobat Online (Konsultasi Obat Online) dan Gema Cermat (Gerakan Masyarakata Cerdas Menggunakan Obat). Masyarakat dapat memanfaatkan layanan tersebut sesuai dengan hari dan jam pelayanan di Puskesmas Ciampea. =ADV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.