Puskesmas Ciampea Meningkatkan Kesehatan Lansia Melalui Inovasi PUSPAKINI

Puskesmas Ciampea Kabupaten Bogor meluncurkan Pusling Pecinta Aki Nini. IST

CIAMPEA – Perogram Lanjut Usia berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia sebagai landasan hukum Upaya Peningkatan Kesejahteraan Para Lanjut Usia.

Rata-rata jumlah kunjungan lansia perbulan di Puskesmas Ciampea pada tahun 2020 sebanyak 615 pasien atau sekitar 10 % dari total kunjungan. Jumlah Lansia di Wilayah Kerja Ciampea Pada Tahun 2020 yaitu 9890 jiwa, berarti hanya sekitar 6.21 % yang mendapatkan pelayanan kesehatan perseorangan di Puskesmas Ciampea.

Capaian dari program posbindu yaitu 68,68 % yang mendapatkan layanan kesehatan program posbindu. Sebagian besar lansia mengeluh sulitnya akses ke Puskesmas Ciampea karena sulit untuk mendapatkan kendaraan yang aman bagi Lansia, dan Lansia takut jika menggunakan motor karena alasan keseimbangan dan resiko jatuh terutama kampung Lebak Gunung yang lokasinya jauh dari Puskesmas Ciampea dan kondisi jalan yang berbatu-batu, sehingga kader mengusulkan ke PJ program Posbindu untuk diadakannya kegiatan pengobatan pada lansia, jadi tidak hanya skrinning Kesehatan Lansia.

Menyikapi hal tersebut, Puskesmas Ciampea Kabupaten Bogor meluncurkan PUSPAKINI (Pusling Pecinta Aki Nini) yang terdiri dari beberapa layanan dimana kegiatan Pusling dilaksanakan secara berdampingan dengan kegiatan Posbindu Lansia.

Kepala Puskesmas Ciampea dr Budi Suarman menyampaikan bahwa “Kami berusaha semaksimal mungkin meningkatkan kesehatan Lansia melalui program Inovasi PUSPAKINI yang memberikan kemudahan dan kenyamanan pada Lansia dalam mendapatkan layanan kesehatan berupa layanan pengobatan serta memantau kesehatan lansia secara berkesinambungan”.

Sementara itu, penanggung jawab Inovasi PUSPAKINI Bidan Rohimah Rahmi, menambahkan, dengan program PUSPAKINI dapat Mengurangi Resiko Jatuh pada Lansia sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian pada Lansia, mendeteksi dini penyakit yang mungkin diderita oleh Lansia serta mengeliminasi faktor resiko Penyakit Tidak Menular.

Adapun Kegiatan pokok Inovasi PUSPAKINI yaitu melaksanakan kegiatan Pusling yang berdampingan dengan Posbindu Lansia. Lansia dapat memanfaatkan layanan tersebut sesuai dengan hari dan jam pelayanan Pusling Puskesmas Ciampea yang diinfokan oleh kader melalui pengeras suara sehari sebelum dilaksanakan dan diinfo kembali pada hari pelaksanaan. =ADV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.