Puluhan Tahun Terisolir, Warga Gunung Andam Desa Pabangbon Harapkan TTMD

LEUWILIANG – Warga Kampung Gunung Andam ujung di RW 008, Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, sampai saat ini masih berharap cemas kapan kampung mereka yang terisolir itu bakal punya akses jalan bagus dan mulus. Novi Sekretaris Desa Pabangbon membenarkan, 250 kepala keluarga (KK) warga desanya yang tinggal di Kampung Gunung Andam Ujung yang lokasinya berada di tengah hutan Perhutani, sudah puluhan tahun terisolir.

“Mudah mudahan 2021 pembukaan jalan sepanjang 2500 meter (2,5 kilometer) hasil gotong royong warga, bisa cepat mendapat bantuan dana untuk di Cor beton atau di aspal hotmix,” katanya.

Karena sambung Novi, pada akhir 2021 kemarin pihak desanya sudah melayangkan pengajuan bantuan untuk kelanjutan pembangunannya ke KODIM 0621 melalui Koramil Leuwiliang pada program Tentara Manunggal Membangun Desa (TTMD). “Mudah mudahan tahun ini di setujui,” bebernya.

Sedangkan berdasarkan informasi kata Sekdes Pabangbon akan dapat sentuhan Program TTMD nya tahun ini, tapi sekarang muncul informasi lain yang mengatakan jika untuk Program TTMD di Pabangbon, akan dilaksanakan 2022 mendatang. “Kini 250 kepala keluarga yang menghuni Gunung Andam Ujung RW 008 jadi gelisah bahkan mempertanyakan kapan program TTMD di Kampung mereka bisa terealisasi,” jelasnya.

“Jadi sekali lagi, semua warga Kampung Gunung Andam Ujung memohon agar bantuan untuk kelanjutan pembanguan jalan baru sepanjang 2500 meter dikampung mereka sebagai satu satu akses menuju Kampung Situ Hyang di Desa Puraseda, tahun ini bisa tersentuh TTMD,” tambahnya.

Terpisah, Camat Leuwiliang Daswara Sulanjana membenarkan, Kampung Gunung Andam yang lokasinya terpencil sulit di jangkau, diharapkan 2021 ini berubah dan mendapat sentuhan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TTMD). “Jalan tembus sepanjang 2500 meternya sudah dibuka oleh warga, mudah mudahan tahun ini bisa langsung tersentuh program Tentara Manunggal Membangun Desa (TTMD) atau yang dahulu dikenal ABRI Masuk desa,” katanya.

Mengingat medan menuju ke perkampungan Gunung Andam sulit dijangkau tambah Camat, namun apabila cepat tersentuh TTMD, maka warga tidak akan lagi sulit berpergian ke pusat kota. “Jalan sepanjang dua ribu lima ratus meter tersebut nantinya akan tembus ke Desa Puraseda. Sehingga warga Gunung Andam tidak akan kesulitan bepergian sekaligus nantinya dapat meningkatkan perekonomian semua warganya,” pungkasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.