Puluhan Rumah Warga di Parung Rusak Akibat Angin Puting Beliung

Hujan deras dan angin puting beliung membuat puluhan rumah warga di Parung mengalami kerusakan. Fahri | Pakar

PARUNG – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Desa Pemagarsari, Kecamatan Parung pada hari Kamis (18/3/2021) sekitar
jam 16.51 WIB, membuat puluhan rumah warga serta fasilitas umum memgalami kerusakan.

Puluhan rumah warga dan satu rumah ibadah yang rusak akibat puting beliung terdapat di Kampung Lebak Wangi tepatnya di RT 01, 02, 03, 04 RW 01 dan RT 01 RW 02 Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung.

“Pasca-kejadian tim gabungan langsung melakukan assesment (kaji cepat) dengan mendata dan membantu warga yang terdampak angin puting beliung tersebut,” ungkap Endang Darmawan, Kepala Unit Satpol PP Kecamatan Parung, Jumat (19/3/2021).

Ia menjelaskan, dari data yang dimilikinya, kerusakan rumah warga dan fasum rata-rata di bagian atap dengan tingkat kerusakan ringan dan berat.

“Satu rumah yaitu milik ibu Siti Masrukah, yang diisi 1 KK 5 jiwa mengalami rusak berat akibat tertimpa pohon tumbang dan diperkirakan alami kerugian material sekitar Rp20 juta,” ungkap Jack, sapaan akrabnya.

Selain itu, lanjut Kanit Pol PP Parung, di RT 01 RW 01 ada 4 rumah rusak ringan. Lalu di RT 3 ada 1 rumah rusak berat dan 3 rumah rusak ringan. Sedangkan di RT 01 RW 02 terdata ada 6 rumah warga alami rusak ringan.

“Untuk fasum yang terdampak adalah Musholla Raudatul Islamiyah di RT 2 RW 1 yang mengalami rusak ringan. Dampak lain akibat hujan deras dan puting beliung ada di RT 04 RW 1 dimana akses jalan desa Pamagersari rusak,” ungkapnya.

Saat ini, Pemcam Parung masih terus melakukan koordinasi dan kerjasama dengan BPBD, Tagana, TNI, Polri dan Pemdes Pamagersari guna membantu korban terdampak hujjan deras dan angin puting beliung tersebut.

“Masih ada warga terdampak yang mengungsi karena rumahnya belum diperbaiki dan kebanyakan mengalami kerusakan di bagian atap. Jadi butuh terpal untuk menutup sementara,” pungkas Jack. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.