PSG vs Barcelona, Los Azulgrana Butuh Keajaiban

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman. IST

PARIS Saint-Germain (PSG) kembali akan menjamu Barcelona di babak 16 besar Liga Champions 2020/2021 dengan modal keunggulan 4-1, di laga leg pertama. Lionel Messi dan kawan-kawan jelas menghadapi misi sulit untuk laga leg kedua yang akan dimainkan, pada Kamis (11/3/21), dini hari WIB.

PSG tampil fenomenal dan pulang dengan kemenangan telak 4-1 dari markas Barcelona. Hattrick Kylian Mbappe jadi sorotan utama di laga tersebut.

Dengan keunggulan 4-1, di markas Barcelona, Camp Nou, Les Parisiens, julukan PSG punya peluang besar untuk bisa lolos ke babak delapan besar. Karena, kekalahan 0-3, di Parc des Princes pun bakal mengantar mereka lolos dengan keunggulan agresivitas gol tandang.


Tak ada cara lain bagi Blaugrana untuk bisa lolos dari misi mustahil ini, selain menang dengan selisih empat gol atau lebih di markas PSG.

Dalam sejarah Liga Champions, belum ada tim yang bisa lolos, setelah kalah dengan skor 1-4, atau kalah tiga gol di kandang. Barcelona bakal hadir ke Paris dengan misi mematahkan kutukan tersebut.

Sebelumnya, Barcelona sempat berhasil menuntaskan mission impossible dalam Liga Champions 2016/2017. Saat itu, PSG menang atas Barcelona dengan skor 4-0, di Parc des Princes. Namun, Barcelona berhasil memutarbalikkan keadaan, dan menang 5-1, di leg kedua, sehingga bisa lolos ke babak perempat final.

Itu bukan pertama kalinya PSG tersingkir secara dramatis, karena kalah agresivitas gol tandang. Pada musim 2018/2019, PSG juga mengalami nasib yang hampir serupa.

PSG saat itu juga tersingkir dari 16 besar Liga Champions lantaran kalah agresivitas gol tandang dari Manchester United dalam agregat 3-3. Pada leg pertama, PSG berhasil mempermalukan Man United, di Stadion Old Trafford dengan skor 2-0.

Namun, keunggulan itu disia-siakan PSG, setelah kalah 1-3 saat menjamu Man United, di Stadion Parc des Princes pada leg kedua. Sama seperti Barcelona, Man United saat itu juga menyingkirkan PSG melalui gol menit akhir.

Gol penentu kelolosan Man United, di Stadion Parc des Princes saat itu dicetak oleh Marcus Rashford melalui tendangan penalti pada menit ke-90+4’.

Di musim ini, Barcelona juga mampu menunjukkan mental tangguh dalam upaya memutarbalikkan keadaan. Setelah sempat tertinggal 0-2 dari Sevilla di leg pertama semifinal Copa del Rey, Barcelona mampu menang 3-0 di leg kedua.

Gol kedua Barcelona diciptakan Gerard Pique di masa injury time sebelum Martin Braithwaite menghadirkan gol kemenangan di babak perpanjangan waktu. Keberhasilan lolos ke final Copa del Rey plus tren bagus di La Liga bisa jadi modal bagus Barcelona jelang laga ini.

Keadaan itulah yang justru menjadi perhatian pelatih PSG, Mauricio Pochettino saat ini. Pochettino, bahkan memberi peringatan kepada anak asuhnya untuk tidak lengah ketika menjamu Barcelona..

Di atas kertas, peluang PSG untuk lolos ke perempat final Liga Champions jauh lebih besar daripada Barca. Sebab, PSG hanya butuh hasil imbang pada leg kedua untuk menyingkirkan Lionel Messi dkk. dan meraih tiket perempat final Liga Champions.

Meski memiliki modal kemenangan 4-1, dan akan bermain di kandang pada leg kedua, Pochettino masih belum yakin PSG bisa lolos ke perempat final Liga Champions dengan mudah.

Ia berharap, para pemain PSG tidak lengah, karena Barca memiliki kualitas untuk membalikkan keadaan pada leg kedua.

“Dalam sepak bola, semuanya bisa terjadi. Sesuatu yang sangat luar biasa sangat mungkin menjadi kenyataan baik dari sisi negatif atau positif,” kata Pochettino dikutip dari situs AFP.

“Itulah mengapa kami harus selalu berpikir dan bertanding untuk menang agar bisa menghindari kejutan yang menyakitkan,” ucap Pochettino.

“Saya bisa memastikan, bahwa PSG saat ini sedang dalam keadaan yang positif. Kami selalu mempersiapkan pertandingan dengan cara yang sama,” tutur Pochettino.

“Kami harus selalu siap untuk menghadapi segala sesuatu. Kami berharap semua pemain memiliki mental yang kuat tidak hanya saat menghadapi Barcelona nanti, melainkan juga untuk semua pertandingan,” lanjut Pochettino menambahkan.

Sementara itu, Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mengatakan saat ini dirinya fokus pada laga kontra PSG. Meski begitu, Koeman sangat berharap ada keberuntungan untuk membawa timnya lolos ke babak semifinal Liga Champions. 

“Kami perlu istirahat dan kami harus bersiap untuk pertandingan itu, karena ini menjadi laga penting, karena itu merupakan pertandingan menentukan untuk lolos ke babak perempatfinal,” ungkap Ronald Koeman seperti dikutip dari Marca.

“Saya tidak ingin mengatakan itu tidak mungkin, tetapi kami akan pergi ke sana untuk mendapatkan hasil yang baik,” tambah Koeman.=URI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.