Proyek Pembangunan Enam SDN di Naringgul Cianjur Tanpa Papan Proyek

CIANJUR—Sebanyak 6 Sekolah Dasar (SD) yang ada diwilayah Kecamatan Naringgul, Cianjur selatan mendapatkan proyek pengerjaan pembangunan ruang usaha kesehatan sekolah (UKS) yang dikerjakan oleh pihak ketiga atau CV. Namun hingga saat ini, CV pelaksana proyek pembangunan ruang UKS tersebut, tidak menyertakan papan nama proyek.


Informasi yang berhasil dihimpun, dari sebanyak 6 sekolah dasar negeri (SDN) penerima bantuan proyek pekerjaan pembangunan ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang ada diwilayah Kecamatan Naringgul, tidak menyertakan papan nama proyek. Diduga dikerjakannya tidak sesuai rencana anggaran bangunan (RAB).

Pasalnya, hingga saat ini, CV pelaksana proyek pembangunan ruang UKS tersebut, tidak menyertakan papan nama proyek. Keenam SDN yang sedang dibangun oleh pihak CV tersebut, diantaranya SDN Naringgul, SDN Datar Kubang, SDN Datar Muncang, SDN Budi Asih, SDN Cinerang dan SDN Cinerang 2, dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Cianjur.


Saat ditanya salah seorang tukang bangunan berinisail DD mengaku tidak tahu menahu, siapa pemilik CV yang mengerjakan proyek ruang UKS tersebut. “Saya disini, hanya tukang kuli tembok saja. Jadi tidak tahu siapa-siapanya atau perusahaan apa-apanya. Mungkin harus ditanyain, ke pak Agus mandor yang membawa saya kesini, tapi pak Agusnya sedang pergi ke Cidaun,” kata salah satu pekerja berinisial DD kepada wartawan, Senin (30/8/2021).


Kepala Sekolah SDN Datarkubang, Kecamatan Naringgul, Dibiyo Siswoyo mengaku pihak sekolah tidak tahu menahu, soal proyek pembangunan ruang UKS di SDN Datar Kubang. Pasalnya, pihak sekolah hanya sebagai penerima mamfaat. Jika sudah selesai dibangun, hanya menerima kunci saja.


“Semua pekerjaan proyek pembangunan ruang UKS dikerjakan oleh pihak ketiga atau CV dari Cianjur. Pihak sekolah hanya disuruh menyiapkan tempat atau lahan, untuk pembangunan ruang UKS,” kata Dibiyo kepada wartawan Senin (30/8/2021).

Sebelumnya, lanjut Dibiyo beberapa bulan yang lalu, sempat ditelepon pihak Disdikbud Kabupaten Cianjur, bahwa SDN Datarkubang akan mendapatkan bantuan, namun pekerjaannya akan dilaksanakan oleh pihak ketiga/kontraktor. “Selama ini, seperti penyedian bahan – bahan matrial, pekerja dan lain-lainnya, itu semua dari pihak ketiga. Sedangkan pihak sekolah hanya sebagai penerima mamfaat saja. Kami disini, hanya sebagai penerima kunci saja, tidak ada keterlibatan soal proyek pembangunan ruang UKS,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.