Proyek Double Track Kementerian Perhubungan Tutup Akses Warga Bogor

0
23

BOGOR – Akses warga di Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, rencananya akan ditutup Kementerian Perhubungan, Dirjen Perkeretapian. Selain itu, jalur perlintasan kereta api pun akan dilakukan hal yang sama.

Hal ini dikatakan PPK Kementerian Perhubungan, Dirjen Perkeretaapian, David Sudjito kepada pewarta usai rapat bersama warga Desa Wates Jaya di aula kantor desa setempat, Selasa (27/11/2018).

“Rencana penutupan perlintasan dan akses warga ini, karena adanya kontruksi badan jalan kereta api yang sedang dilaksanakan. Dimana, memang track baru ini memotong akses warga sesuai kedalaman desain,” ujar David.

Dia mengungkapkan, perlintasan di KM 21 plus 415 ini memiliki kedalaman gali sekitar tiga meter, sehingga secara teknis wajib untuk dilakukan penutupan. Namun demikian, akan disertai dengan jalan sementara.

“Dengan kondisi yang tersedia pada tahap kontruksi sekarang, mungkin secara jarak kurang nyaman, tapi kan ini bukan disengaja melainkan karena faktor kontruksi. Terlebih Cicurug-Cigombong memutus perlintasan dan akses warga yang dari awal sudah menjadi perhatian kami, sehingga melalui perencanaan akan membuat kontruksi yang menyambung seperti oper park dan JPO,” paparnya.

Lanjut David, dari 7,5 KM hasil pemeriksaan, terdapat delapan perlintasan dan sembilan titik akses warga ditemukan yang akan ditutup.

Sementara, mengenai upaya pembuatan JPO sendiri, pihaknya belum bisa melaksanakan pada tahun ini. Mengingat, sebelah kanan dari jalur kereta api ke arah Sukabumi masih belum ditertibkan.

“Untuk tahun ini pembuatan JPO belum ada, sebab kaki yang JPO ke kanan itu belum terkontruksi, jadi harus ada penertiban perumahan dulu. Karena itu kami berharap, semoga warga yang terdampak bisa menerima keadaan ini dan mau menerima serta bersabar atas adanya kegiatan proyek ini,” jelasnya.

YUSMAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.