Proyek Cut and Fill Gunung Galuga Tidak Mengancam Situs Batu Tumpang

Inilah lokasi proyek Cut And Fill Gunung Galuga di Desa Galuga, Kecamatan Cibungbulang dinyatakan aman dan tidak mengganggu keberadaan Situs Batu Tumpang Rangga Gading . Jefry | Pakar

CIBUNGBULANG – Proyek Cut and Fill Gunung Galuga di Desa Galuga, Kecamatan Cibungbulang yang akan disulap menjadi kawasan Agro bisnis dan Wisata, dinilai aman tidak mengancam keberadaan Situs Batu Tumpang Rangga Gading yang ada disekitar Gunung yang mengandung pasir dan Tanah merah tersebut.

Isak Tumitir Kepala Juru Pelestari Kabupaten Bogor dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BCPB) Serang Banten mengatakan, terkait keberadaan Situs purbakala Batu Tumpang Rangga Gading yang tak jauh dari lokasi Cut And Fill Gunung Galuga, bersama Indi Kasie Cagar Budaya dan kepurbakalaan, pihaknya sudah memonitoring kelapangan.

“Alhamdulilah keberadaan Situs Batu Tumpang Rangga Gading di Gunung Galuga aman aman saja dan lokasinya juga cukup jauh dari lokasi cut and fill”,kata Isak Tumitir Jupel Situs Pasir Angin kepada Pakar Online.

Lanjutnya, hanya saja untuk jalan setapak yang selama ini digunakan oleh para pengunjung dan penziarah untuk menuju ke lokasi situsnya, oleh pihak pengembang yang menangani cut and fill nya akan dipindah dan akan dibuatkan jalan baru yang rutenya lebih dekat.

“Makanya untuk memastikan situs tersebut aman tak terganggu oleh proyek Cut and fill nya, saya bersama pak Indi kasie Cagar Budaya dan Kepurbakalaan dari Disbudpar Kabupaten Bogor sudah mengecek langsung ke lokasi, dan alhamdulilah aman,” tukasnya.

Sementara saat Pakar Online mendatangi lokasi untuk mengkonfirmasi, sayangnya pihak pengembang tidak berada di tempat. Ma’rup warga sekitar Bukit Galuga berharap proyek Agro Bisnis dan wisata yang sedang di bangun di Kawasan Gunung Galuga tersebut secepatnya bisa selesai. “Sehingga bisa menyerap tenaga kerja warga sekitar termasuk saya sebagai pekerjanya,” pungkasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.