Program SDGs, Banprov Dan Dana Desa 2021 Mulai Disosialisasikan

Kasipem dan Kasi Ekbang Kecamatan Cigombong saat menyosialisasikan Program dan Bantuan Keuangan Tahun 2021 di Kantor Desa Tugu Jaya. Yusman | Pakar

CIGOMBONG – Pemerintah Kecamatan Cigombong melalui Kasie pemerintahan dan Kasie Ekonomi Pembangunan mulai melaksanakan sosialisasi Banprov, SDGs dan DD tahun 2021 di dua Desa, Desa Cisalada dan Desa Tugu Jaya.

Sosialisasi sendiri dilaksanakan di aula Desa Tugu Jaya yang dihadiri pihak-pihak terkait

Kasie Pemerintahan Kecamatan Cigombong, Yedi Rachmawan mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memperlancar pelaksanaan penerima bantuan keuangan kepada Pemerintah Desa yang akan di gunakan untuk pembangunan, baik infrastruktur, Kantor Desa maupun Kesehatan.

“Pada hari ini kita sosialisasikan Bantuan Provinsi, program SDGs,dan percepatan Dana Desa. Untuk awal kami kunjungi Desa Tugu Jaya bersama Desa Cisalada,” ujar Yedi kepada wartawan

Yedi menegaskan, sosialisi ini bukan untuk dua desa saja, tapi seluruh desa yangaaaaa berjumlah 9 Desa. “Di seluruh Kecamatan Cigombong,” ucapnya.

SDGs atau Sustainable Development Goals yaitu upaya terpadu mewujudkan desa yang sejahtra, ekonomi merata, peduli lingkungan dan peduli kesehatan sesuai dengan peraturan Kemendes tahun 2020, serta pembangunan berkelanjutan yang akan masuk skala prioritas pembangunan tahun 2021.

“Sasaranya 18 pembangunan, salah satunya yaitu desa peduli pendidikan, Desa yang bersinergi dan bersih serta Konsumen dan produksi Desa yang Sadar lingkungan itu salah satunya,” bebernya

Namun yang terpenting adalah pelaksanaannya yang harus sesuai dengan intruksi Kemendes. “Maka dari itu kami terus sosialisasikan program ini ke seluruh desa,” terangnya.

Kepala Desa Tugu Jaya, Mochamad Riky Abdillah mengatakan, untuk anggaran Banprov tahun 2021 dirinya berencana meneruskan pembangunan kantor desa agar pelayanan lebih maksimal dan memberikan kenyamanan pada masyarakat pada saat mengurus adminitrasi. Sehingga kepuasan masyarakat dalam mengurus adminitrasi dapat terpenuhi.

“Dana Desa masih digunakan untuk bantuan bagi warga kurang mampu yang terdampak Covid-19, PPKM sesuai intruksi kementrian desa yang telah di sosialisasikan oleh Pemerintah Kecamatan,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.