Program Germas Menyasar Lingkungan Industri

0
19

BOGOR – Program Gerakan Masyarakat Sehat masuk lingkungan industri (perusahaan).
Sejalan dengan Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas.

Melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat Pelayanan Kesehatan Kerja, Program Germas mulai disosialisasikan kepada puluhan perusahaan. Sosialisasi diselenggarakan di Hotel Lor In, Sentul, Rabu (21/11/2018).

Kepala UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Kerja, Yessi Desputri ingin seluruh perusahaan di Kabupaten Bogor mengimplementasikan Program Germas.

Yessi mengakui, Program Germas sejauh ini kurang bisa menjamah perusahaan-perusahaan yang tersebar di Kabupaten Bogor.

“Makannya melalui UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Kerja ini kami fokuskan kepada pekerja baik formal maupun informal. Kami ingin kesehatan bekerja diketahui oleh semua pekerjanya dan mereka bisa mengimplementasikannya dengan baik dan benar,” ujar Yessi.

Menurutnya, perusahaan sudah melakukan gerakan pekerja sehat. Hanya saja visi mereka belum benar-benar sejalan.

“Kami menganjurkan agar pekerja bisa melakukan cek kesehatan secara rutin, dan bisa menerapkan aktifitas fisik teratur dan terukur seperti senam atau peregangan yang dilakukan rutin setiap pukul 10 pagi misalnya,” ucap Yessi.

Selain itu, dia juga mengajak perusahaan-perusahaan untuk mulai mengalihkan kebiasaan memakan snack saat menggelar rapat. Menurutnya, hal kecil ini akan sangat membantu mewujudkan Program Germas.

“Misalnya, dari biasanya makan snack yang manis-manis dan mengandung kalori, itu dialihkan ke buah-buahan dan air putih. Lalu yang paling penting adalah stop merokok,” tegas Yessi.

KHAERUL UMAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.