Program BRI Menanam, Tiga Desa di Puncak Dihijaukan

Kepala unit BRI Cipayung saat memberikan sertifikat pemeliharaan kepada masyarakat Desa Cipayung Girang dan Megamendung. IST

CISARUA – Ratusan bibit pohon dibagikan Bank Rakyat Indonesia (BRI) unit Cisarua dan Cipayung kepada masyarakat di tiga desa. Pemberian bibit pohon buah ini sebagai rangkaian program BRI menanam se-Indonesia, Rabu (13/9/2023).

Tiga desa yang menerima bibit pohon buah tersebut di antaranya, Desa Cipayung Girang 110 bibit, Desa Megamendung 110 bibit, Kecamatan Megamendung dan 110 Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua.

Bantuan bibit pohon buah tersebut dibagikan langsung Kepala Unit Cipayung dan Cisarua kepada masyarakat di masing-masing desa berikut piagam pemeliharaan.

Sedangkan jenis pohon yang diberikan adalah pohon produktif berupa pohon buah-buahan yaitu durian, mangga, jambu, rambutan, dan alpukat agar bisa ditanam dan petik hasilnya oleh masyarakat.

“Pemberian bibit pohon buah ini sudah kedua kalinya dilaksanakan, sebelumnya bantuan bibit memang lebih banyak hampir 500 pohon, dan sekarang memang berkurang, ratusan pohon diserahkan kepada Kepala Desa Batulayang, dipelihara, dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Kepala Unit BRI Cisarua, Yuda, usai penyerahan dan penanaman pohon secara simbolis ke Kepala Desa Batulayang, H.M. Iwan Setiawan di RW 04 Desa Batulayang.

Yuda mengungkapkan, penyerahan bibit pohon produktif jenis buah-buahan ini dalam rangka program BRI Menanam yang dilaksanakan serentak secara nasional oleh seluruh BRI.

“Ini bagian dari program CSR BRI sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan agar tetap hijau dan asri serta menjaga keseimbangan alam khususnya di Puncak,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Batulayang, H.M. Iwan Setiawan merespons positif bantuan bibit pohon dari BRI. “Kami terima kasih kepada BRI. Bantuan bibit pohon yang siap tanam ini adalah yang kedua kali. Tahun sebelumnya juga kami peroleh dari BRI. Kami sudah koordinasikan dengan Ketua RT, RW, Kadus, untuk ditanam di pekarangan rumah masing-maisng warga serta lokasi-lokasi rawan longsor. Dengan cara adopsi pohon ini oleh warga supaya lebih terawat secara maksimal,” ungkapnya.

Terpisah, di hari yang sama, aksi penyerahan dan penanaman pohon juga dilakukan oleh jajaran BRI Cipayung.

BRI Cipayung menyerahkan sebanyak 110 bibit pohon tahap pertama kepada Desa Cipayung Datar dan Desa Megamendung.

“Ini program rutin tahunan yang akan terus berkelanjutan. Sebagai tanda terima kasih, BRI juga memberikan sertifikat kepada Kepala Desa,” kata Kepala Unit BRI Cipayung, Andang Isnandar.

Menurutnya, Desa Cipayung Datar dan Megamendung dipilih sebagai lokasi penanaman pohon karena merupakan Desa BRIlian sebagai desa binaan BRI.

“Dua desa ini punya banyak potensi masyarakat terutama di sektor ekonomi dan UMKM,” tandasnya. =YUS/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.