Prodi Ilmu Komunikasi FISIB Unpak Gelar Workshop Film Pendek dan Animasi

Peserta dan narasumber foto bersama usai workshop film pendek digelar. (Dok.Unpak)

BOGOR – Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan (Unpak), Bogor, menyelenggarakan Workshop Film bertajuk “Kreativitas Dalam Membuat Film Pendek Dan Pembuatan Karakter Animasi 2D”, di Aula Mashudi Gedung FISIB Unpak.

Diselenggarakan pada Jumat pekan lalu, workshop tersebut diikuti oleh mahasiswa Unpak dan pelajar di Bogor.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta yang hadir diberikan pemaparan materi oleh narasumber, yakni Hanief Jerry yang merupakan sutradara sekaligus Dekan FFTV IKJ.

Pada kesempatan itu, Hanief memberikan materi mengenai Kreativitas Dalam Pembuatan Film Pendek.

Hanief mengatakan bahwa karya yang baik adalah karya yang terasa sampai hati. “Kalau jadi koki masak, jangan cuma koki sekali makan, tapi yang bisa membekas di lidah pelanggan sampi dia datang lagi,” papar Hanief dalam keterangan tertulis yang diterima PAKAR, Minggu (14/8/2022).

Disambung Pemateri berikutnya, Abdul Hadi, Animator sekaligus Dosen praktisi Unpak, yang membahas materi mengenai Pembuatan Karakter 2D.

Abdul Hadi menambahkan, karya yang baik itu adalah yang sesuai dengan kaidah sinematografi. “Dalam konteks belajar, karya yang baik adalah yang sesuai dengan kaidah sinematografi,” jelas Abdul Hadi.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pembelajaran baru kepada Mahasiswa Universitas Pakuan dan juga masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai dunia perfilman.

Audio visual kini menjadi salah satu media yang paling berpengaruh di era digital seperti sekarang. Hanya dengan satu klik, karya audio visual seperti film dalam sekejap mata bisa dinikmati oleh pengguna media sosial di seluruh dunia. Kemudahan berpadu dengan kecepatan akses ini membawa dampak positif sekaligus negatif, baik bagi kreator maupun konsumennya.

Pengguna terbesar media audio visual adalah generasi muda yang dikenal dengan istilah generasi milenial. Kreatifitas tinggi yang didukung penguasaan terhadap teknologi informasi menjadikan mereka garda terdepan dalam industri digital. Karenanya mereka perlu diwadahi agar konten-konten yang dihasilkan bermuatan positif.

Mizaluna, salah satu pelajar yang mengikuti acara tersebut mengungkapkan begitu antusias dalam mengikuti kegiatan workshop film ini. “Seru banget, ada pak Hanief dan pak Abdul yang mau cuma-cuma ngasih ilmu. Itung-itung nambah bekal ilmu untuk saya,” ungkap Mizaluna.

Workshop tersebut merupakan kali kedua untuk Program Studi Ilmu Komunikasi FISIB Unpak.

“Semoga workshop seperti ini lebih banyak lagi diadakan, karena industri perfilman di Indonesia ini sudah jauh lebih maju dari sebelum-sebelumnya. Oleh karena nya, kegiatan seperti ini diharapkan mampu menarik minat para sineas-sineas muda di Indonesia untuk mengembangkan bakat dan ketertarikannya dalam industri perfilman,” pungkas Tina Maihasti, Moderator workshop. =MAM/*


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.