Presiden Tunjuk Laksamana Yudo Margono Calon Panglima TNI

Ketua DPR RI, Puan Maharani, menjelaskan Surat Presiden terkait penunjukan Laksama Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI.(Marhadi | Pakar)

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani mengumumkan nama KSAL Laksamana Yudo Margono dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Keputusan itu tertera dalam surat presiden (Surpres) terkait pergantian Panglima TNI yang dikirimkan pemerintah melalui Menesneg Pratikno ke DPR RI pada sore hari ini, Senin (28/11/2022).

“Saya akan mengumumkan nama yang diusulkan menggantikan Panglima Jenderal Andika Perkasa adalah, ini sesuai yang ada di dalam surat ya, adalah Laksamana Yudo Margono yang sekarang menjabat sebagai KSAL,” kata Puan Maharani saat jumpa pers di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin  (28/11/2022) sore.

Dengan dipilihnya Yudi Margono, kata Puan, selanjutnya yang bersangkutan akan mengikuti mekanisme yang ada di DPR RI melalui uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test oleh Komisi terkait.

“Artinya, Bapak Laksamana Yudo bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR untuk mengikuti fit and proper test,” kata Puan.

Lebih lanjut Puan menegaskan bahwa Surpres yang diterima hari ini tidak ada perubahan nama sama sekali, meskipun sempat molor beberapa hari.

“Surpres baru saya terima hari ini, tidak ada pengambilan surat kembali atau wacana merubah nama yang sudah ada. Tidak ada sama sekali. Nama yang diusulkan oleh Presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah KSAL Laksamana Yudo Margono,” demikian Puan. =MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.