PPSS Dari Italia Belajar Silat Cimande

CARINGIN – Sebanyak  11 orang Warga Negara Italy yang tergabung dalam Pukulan Pencak Silat Sera Italy (PPSS) pimpinan Guru Massimiliano Morandini  menghadiri Srasehan Budaya Silat Cimande  Saung Penca Desa Cimande Kecamatan Caringin, kedatangan warga asing yang sefang melakukan study penelitian Sunda Camp salah satunya budaya tradisional Cimande.


Hadir dalam kegiatan sarasehan budaya Silat Cimande tersebut, sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Budi CW, sekcam Caringin Aep Saepurrohman dan pihak kementrian Pendidikan Dan kebudayaan yang menjadi Sponsor utama.


Guru Massimiliano Morandini  pimpinan PPSS mengatakan, dirinya saat ini sedang melakukan budaya tradisional indonesia selama satu bulan, yang sebelumnya dirinya mendatangi Provinsi Banten. “Saya sedang melakukan penelitian selama 1 bulan, selain di Cimande Sebelum nya kami bersama rombongan mendatangi Banten,” kata Guru Massimiliano Morandini  kepada Pakar.


Dia menjelaskan, dirinya sebagai guru silat di Italy tersebut membawa rombongan yang tak lain para pelatih silat yang mengajar beberapa negara bagian di Italy. “Rombongan saya semuanya murid saya yang mengajar Diberbagai negara bagian, tujuannya kami untuk melakukan study budaya tradisional,” ungkapnya.


Sekdis Disbudpar Kabupaten Bogor Budi CW dalam sambutannya, mengatakan pemkab Bogor mendukung penuh dalam kegiatan pelestarian budaya bahkan dia menyarankan, harus terjadwal event kegiatan sehingga mampu menarik wisatawan mancanegara. “Desa Cimande ini adalah desa wisata, sudah seharusnya saran kami sering digelar ivent yang terjadwal sehingga mampu mendorong meningkatkan angka kunjungan wisata,” pintanya.


Dewan pembina Saung Penca Aki Didjh menambahkan, potensi kunjungan wisata mancanegara ke Cimande sangat besar, mengatasi silat aliran Cimande sudah hingga manca negara. “Satu satunya pencak silat yang mempertahankan budaya asli peninggalan leluhur hanya Cimande,” ujarnya.


Diapun menyambut baik saran Disbudpar, dalam mendukung pelestarian budaya pencak silat aliran Cimande. “Saya berterimakasih khusus pada Kemendikbud yang sudah menjadi Sponsor utama sarasehan Gelar Budaya Silat Cimande, Dan Disbudpar serta semua pihak yang sudah hadir,” pungkasnya. UJG
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.