PPDB Selesai, Ini Empat Jalur Yang Jadi Pertimbangan Setiap Sekolah Menerima Peserta Didik

CIBINONG – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP sudah selesai. Berdasarkan Surat Edaran Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor bernomor 800/261, yang ditandatangi Kepala Dinas Pendidikan, Juanda, menyebutkan jika pendaftaran yang dibuka pada 21 Juni itu berakhir 25 Juni 2021.

Surat tersebut dibuat berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dam Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB serta surat Nomo 3 Tahun 2021 tentang pelaksanaan PPDB.

Staf Program dan Pelaporan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Iqbal Rukmana menjelaskan, PPDB dilaksanakan melalui empat jalur. Yaitu jalur afirmasi, jalur zonasi, perpindahan tugas orang tua/wali, dan prestasi.

“Pelaksanannya dilakukan dilakukan secara online, baik di Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor maupun sekolah. Masing-masing sudah menyediakan website, ada pula yang menyediakan layanan hotline nomor telpon hingga sosial media,” kata Iqbal kepada PAKAR, Rabu (7/7/2021).

Namun menurutnya, untuk beberapa sekolah yang berada di area tidak terjangkau internet, pendaftaran berkas dilakukan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Disamping itu, pada penerimaan siswa baru ini, persaingan antar peserta didik juga cukup ketat. Karena tahun ini nilai akademik para pendaftar cukup tinggi dan standar nilai yang ada di sekolah masing masing juga berbeda, sehingga menjadi tantangan untuk para peserta didik.

Kendati demikian, Iqbal mengaku pihaknya tidak merasakan banyak kendala pada PPDB jenjang SMP tahun ini karena segala sesuatunya sudah di sosialisasikan dari jauh hari kepada sekolah masing masing sehingga pemahaman teknisnya bias diterapkan dengan baik dan maksimal.

“Alhamdulilah semua berjalan lancar,” tandas Iqbal.=Azkia | Magang

Sekedar informasi, berikut jadwal lengkap dari Dinas Pendidikan soal PPDB 2021.

Pendaftaran PPDB sekaligus seleksi jalur zonasi SMP, Jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua, jalur prestasi SMP dilaksanakan pada 21 hingga 25 Juni 2021.

Sementara untuk jalur Satap dan Terbuka SMP dilaksanakan pada 28 Juni hingga 20 September 2021.

Lalu untuk pelaporan atau pengesahan itu dilaksanakan 28 Juni 2021 di Kantor Dinas Pendidikan.

Pengumuman 29 Juni 2021. Sedangkan untuk jalur Satap dan Terbuka SMP dilaksanakan pada 27 Juli 2021 di sekolah masing-masing.

Untuk daftar ulang, pada 29 Juni 2021. Sedangkan untuk jalur Satap dan Terbuka SMP dilaksanakan pada 28 Juli hingga 20 September 2021.

Persiapan MPLS dilaksanakan pada 15-16 Juli 2021.

Lalu rencana awal tahun pelajaran 2021/2022 dilaksanakan 19 Juli 2021. Dan masa pengenalan lingkungan sekolah (mpls) pada 19-22 Juli 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.