Ponpes Tebuireng Bantah Mendukung Prabowo-Gibran

Pernyataan sikap yang resmi yang dikeluarkan Pesantren Tebuireng.(akun X @tebuirengonline)

JAKARTA – Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH Abdul Hakim Machfudz atau akrab disapa Gus Kikin, menepis rumor bahwa Pesantren Tebuireng mendukung salah satu capres-cawapres pada pemilu 2024.

Gus Kikin dalam pernyataan sikap yang resmi yang dikeluarkan Pesantren Tebuireng menyatakan bahwa pesantren yang dipimpinnya itu tidak pernah terlibat politik praktis termasuk memberikan dukungan terbuka dalam kontestasi pilpres 2024.

“Pesantren Tebuireng tetap dalam posisi netral dan tidak berpihak dalam kontestasi pilpres 2024 dalam rangka menjaga persatuan dan semangat ukhuwah,” terang Ketua PWNU Jawa Timur itu dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (7/2/2024) di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Sementara Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyambut baik sikap Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, dalam menghadapi Pilpres 2024 ini. Pesantren warisan pendiri NU Hadratussyekh KH M. Hasyim Asy’ari tersebut tidak terlibat politik praktis dan dukung-mendukung pasangan calon tertentu.

“Syukur Alhamdulillah,” kata Muhaimin lewat akun X-nya, dikutip Rabu (7/2/2024).

Cawapres yang berpasangan dengan Anies Baswedan ini pun menganggap pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng sampai mengeluarkan klarifikasi tidak terlepas dari pihak-pihak tertentu yang berupaya menarik-nariknya ke politik. Meskipun dia tidak menyebut siapa pihak yang dimaksud.

“Ini gara-gara arek iku meneh (orang itu lagi),” tulis politikus yang akrab disapa Gus Imin.

Gus Imin menyampaikan itu mengomentari pernyataan sikap Pondok Pesantren Tebuireng terkait Pilpres 2024 utamanya soal adanya informasi dukungan kepada paslon tertentu.

Pernyataan itu secara resmi ditandatangani Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH Abdul Hakim Machfudz atau akrab disapa Gus Kikin, seperti diunggah akun X resmi pesantren tersebut. Lengkap dengan kop dan stempel pesantren yang didirikan tahun 1899 tersebut.

Sebagaimana ramai diberitakan pada Selasa (6/2/2024), Pondok Pesantren Tebuireng menyatakan doa dan dukungan bagi kemenangan capres-cawapres urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Dukungan Pesantren Tebuireng ini disampaikan langsung oleh dzurriyah atau keturunan dari K.H. Hasyim Asy’ari, yang merupakan pendiri pesantren tersebut. Yakni Gus Irfan Yusuf, Gus Billy Wahid, Gus Yusuf Adnan Kikin dan Gus Ivan Fahmi dalam acara Maklumat Tebuireng di pesantren tersebut

Hadir dalam acara itu Ketua Lakpesdam NU nonaktif yang juga Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua TKN Muda Prabowo-Gibran Arief Rosyid Hasan, dan Tsamara Amany. Hadir pula sesepuh dari Pesantren Tebuireng, Jombang, Nyai Farida Solahudin Wahid. =MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.