Polres Cianjur Lakukan Penyelidikan Adanya Pemasangan Bendera Bintang Kejora

Inilah dinding pagar salah satu sekolah kejuruan yang dipasangi gambar bendera Bintang Kejora. Esya | Pakar

CIANJUR—Warga di Jalan Pangeran Hidayatullah, Joglo, tepatnya Kelurahan Sawahgeude, Kecamatan Cianjur, pada Rabu 17 Agustus 2022, sekitar pukul 06:00 WIB, dihebohkan dengan terpasangnya gambar bendera Bintang Kejora. Pasalnya, bendera lambang kemerdekaan Papua Barat tersebut, terpasang didinding tembok luar salah satu sekolah di Cianjur.


Informasi yang berhasil dihimpun, acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022 di Kabupaten Cianjur, diwarnai berjejernya gambar bendera Bintang Kejora berukuran kertas HVS tersebut, menempel didinding tembok luar benteng sekolah di Jalan Pangeran Hidayatullah, Joglo, Cianjur. Ironisnya penempelan gambar bendera Bintang Kejora berukuran kertas HVS tersebut, lokasinya tidak jauh dari lokasi pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan RI yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.


Kurniawan (38) salah seorang warga mengaku sempat melihat gambar bendera Bintang Kejora Papua disaat melintas di ruas Jalan Pangeran Hidayatullah, Joglo, Cianjur tersebut. Menurutnya, terdapat beberapa gambar bendera tersebut yang ditempel di dinding tembok luar benteng salah satu sekolah kejuruan. “Memang secara kebetulan saja, disaat melintas jalan pangeran Hidayatuloh melihat gambar bendera itu. Kok mirip bendera apa yak ? setelah coba cari tahu, ternyata itu gambar bendera Bintang Kejora Papua,”?terang Kurniawan, kepada wartawan.

Dia mengaku, tidak terlalu paham dengan arti dari gambar bendera itu, makanya dirinya langsung saja meninggalkan lokasi tersebut, dan melanjutkan perjalanan untuk beraktivitas lagi. “Saya benar-benar tidak ngerti, namun setelah untuk mencoba mencari tahu, banyak pemberitaan ternyata itu adalah bendera Bintang Kejora Papua lambang kemerdekaan Papua,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan kepada wartawan mengatakan kali pertama keberadaan gambar bendera Bintang Kejora Papua itu diketahui oleh warga yang tengah melintas di ruas jalan itu. Namun, berdasarkan keterangan gambar bendera itu diduga sengaja ditempel oleh seseorang yang identitasnya masih dalam pencarian.


“Memang gambar bendera Bintang Kejora ini, diduga ditempel oleh seorang tidak dikenal. Ditempel di dinding tembok luar salah satu sekolah menengah kejuruan, dijalan pangeran Hidayatuloh. ” kata Kapolres Cianjur AKBP Doni.

Diapun mengungkapkan, jika bendera Bintang Kejora Papua tersebut, digambar di atas kertas berukuran HVS yang menggunakan bahan kertas crayon (Pensil warna-Red) tersebut.


“Hingga saat ini, kita masih melakukan penyelidikan terkait adanya kejadian ini. Karena, tidak banyak saksi atau warga yang melihat aksi dari terduga pelaku saat menempel gambar bendera Bintang Kejora,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.