Polres Bogor dan DLH Tinjau Tambang Ilegal di Pengaradin

Lapak tambang ilegal yang dibakar oleh warga Pangradin karena telah mencemari lingkungan. Firman | Pakar

JASINGA – Jajaran penegak hukum Polres Bogor dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor melakukan investigasi di tambang emas ilegal di Desa Pangradin, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor.

Kepala Bidang Penegakan Hukum dan Pengelolaan Limbah B3, DLH Kabupaten Bogor, Gantara Lenggana mengatakan, terkait pemberitaan warga Pangradin bakar lapak tambang ilegal, jajaran Aparat Penegak Hukum saat ini tengah melakukan penyelidikan. “Saat ini tim kami dan jajaran Polres Bogor sedang menuju ke lokasi untuk cross cek kelapangan,” ujarnya.

Ia menuturkan, saat ini timnya tengah menuju lokasi tambang emas ilegal guna melakukan investigasi mendalam dan hasilnya akan diinformasikan kembali setelah melakukan investigasi di lapangan. “Kita sudah komunikasi dengan tipiter sudah komunikasi dan anggota sudah terjun kelapangan, untuk aduan secara resmi secara lisan dari pemerintah desa belum kita terima,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan, selama ini pihaknya belum mendapatkan laporan secara resmi dari pemerintah desa dan warga sekitar dan hanya mendapatkan informasi dari pemberitaan yang saat ini sedang ramai. “Meskipun tidak ada adun secara resmi, tapi kami melakukan investigasi lapangan dan masalah pemberitaan di media juga harus segara kita sikapi,” paparnya.

Sementara itu, dalam hasil investigasi dilapangan, jika ditemukan adanya kejanggalan dan pelanggaran, maka pihaknya akan melimpahkan kasus tersebut ke APH dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor. “Terkait masalah perizinan dan tata ruang memang domain nya ada diranah lain, kalau tidak memiliki izin ya kita akan limpahkan ke Satpol PP,” tuntasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.