Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan dan Perdagangan Anak di Bogor

Wakapolres Bogor, Kompol Wisnu Perdana Putra bersama jajaran Polres Bogor menunjukkan barang bukti tindak kejahatan pencabulan terhadap anak di bawah umur di Mako Polres Bogor. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Kepolisian Resor (Porles) Bogor, menangkap pria berinisial A (20) pelaku pencabulan terhadap anak di bawah umur, di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Wakapolres Bogor, Kompol Wisnu Perdana Putra menjelaskan, pencabulan yang dilakukan pelaku terjadi setelah pertemuannya bersama dengan dua orang anak di pasar malam.

“Bertemu di pasar malam, lalu diajak ke sebuah vila. Di sana anak-anak itu diajak
minum-minuman keras, kemudian disetubuhi oleh pelaku,” kata Wisnu, dalam keterangan persnya di Mako Polres Bogor, Rabu (20/4/2022).

Tak hanya disetubuhi, pelaku juga mengeksploitasi kedua anak tersebut dengan menjajakannya melalui online.

“Anak-anak itu dipaksa untuk melayani pria hidung belang oleh pelaku. Diperjualbelikan lewat online,” jelas Wisnu.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Siswo Tarigan mengatakan, selain A ada pelaku lain dalam kasus tersebut yakni R yang kini masih buron.

“Pelaku dengan salah satu korban memilki hubungan. Dimana pelaku pernah melakukan transaksi lewat online. Karena sudah pernah, pelaku mengaku menyukai korban dan melakukan perbuatan tersebut,” kata Siswo.

Namun begitu, Siswo menyebutkan jika perbuatan pelaku yang menjajakkan korban melalui online masuk ke ranah pidana. Sesuai dengan Pasal 81 dan atau 82 Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

“Hukuman minimal 5 tahun maksimal 15 tahun penjara,” tegas Siswo.

Diketahui, selain menangkap pelaku A, Polres Bogor juga menangkap pria berinisial MR (38), seorang ayah kandung yang tega memperkosa anaknya sendiri di Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor.

Kedua pelaku dijerat Pasal 76i Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Melibatkan Anak Dalam Kasus Prostitusi. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.