Polda Jabar Ungkap Jaringan Internasional Peredaran Tembakau Sintetis di Kabupaten Bogor

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago saat mengungkap peredaran tembakau sintetis dalam konferensi pers di Mako Polres Bogor. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Polda Jawa Barat dan Satuan Narkoba Polres Bogor, berhasil mengungkap jaringan internasional yang andil dalam menyuplai bahan baku atau biang tembakau sintetis di wilayah Kabupaten Bogor.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, jaringan internasional tersebut terungkap setelah Polres Bogor menangkap beberapa tersangka pengedar maupun bandar dari tembakau sintetis ini.

“Peredaran tembakau sintetis di Kabupaten Bogor ini cukup masif. Kami melakukan pengembangan, hingga terbuka dari mana jaringan yang mereka dapatkan,” kata Erdi di Mako Polres Bogor, Selasa (21/9/2021).

Dalam pengembangan tersebut, Polda Jawa Barat berhasil menangkap satu pelaku berinisial DJ dengan sejumlah barang bukti bahan baku atau biang tembakau sintetis seberat 108 gram, tembakau sintetis seberat 2,7 kg, beserta alat-alat yang digunakan pelaku, pada 17 September lalu.

Menurut Erdi, penangkapan DJ tersebut diawali dengan penangkapan tujuh orang tersangka oleh Satuan Narkoba Polres Bogor. Di antaranya MO, IA, RJ, IB, DN, FS, dan LP.

Dari penangkapan tujuh tersangka tersebut, Satuan Narkoba Polres Bogor mengamankan barang bukti sebanyak 23 kilogram bahan baku atau biang tembakau sintetis.

Kepolisian menduga bahan baku atau biang tembakau sintetis yang didapatkan tersebut berasal dari China yang dibuktikan pada saat pengamanan biang berlabelkan negara asal.

“Penyidik juga sedang memperdalam sejauh mana peranan jaringan internasional ini dalam pengungkapan kasus tembakau sintetis ini. Karena selama ini baru diketahui bahwa asal dari biang sintetis ini berasal dari China,” paparnya.

Disamping itu, modus yang dilakukan para pelaku untuk mengedarkan tembakau sintetis ini dengan menambahkan wewangian dan perasa buah-buahan seperti mangga, oranye, apel serta beberapa rasa yang lain. Sehingga pengguna tembakau sintetis ini dapat menggunakan dimana saja karena aroma yang keluar aroma buah.

“Mereka memasarkannya menggunakan media sosial instagram,” tandas Erdi.=MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.