Plt Bupati Sebut Banyak lahan Resapan Menjadi Tutupan Menjadi Salah Satu Maraknya Bencana Banjir dan Longsor

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebut banyaknya bangunan-bangunan yang berdiri di lahan resapan, menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana, terutama banjir dan longsor.

Menurutnya, saat ini banyak bangunan berdiri di wilayah-wilayah resapan air, seperti di Bogor Barat, Timur dan Selatan.

“Hari ini banyak wilayah-wilayah resapan-resapan penuh tutupan-tutupan, ini menjadi salah satu faktor terjadinya bencana,” ujar Iwan Setiawan.

Untuk itu, perlu adanya upaya pengendalian agar tidak lagi ada berdiri bangunan di kawasan hulu khususnya wilayah resapan.

Salah satu upaya pengendalian yang akan dilakukan dalam waktu dekat, kata Iwan, adalah rencana penertiban bangunan liar di sepanjang sungai yang akan dilakukan Kementrian ATR-BPN bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Bogor.

“Kemarin juga dengan BBWS sudah membuat satu langkah akan membongkar tempat bangunan-bangunan yang memang membuat lebar sungai menjadi sempit,” terangnya.

Selain penertiban, BBWS juga akan membuat program penanaman pohon sepanjang sungai dan menertibkan bangunan di wilayah-wilayah yang tidak berizin.

“Kami juga minta dari Kementrian untuk terus melakukan penertiban, karena kita disini punya tim gabungan untuk menertibkan bangunan liar itu,” pungkasnya.

Sementara, aktivitas wilayah Puncak Muksin menyoroti banyaknya Kerjasama Operasional atau KSO yang dilakukan PTPN VIII Gunung Mas.

Menurutnya, KSO yang dilakukan PTPN VII dengan pihak swasta menjadi akal mula banyaknya lahan resapan menjadi tutupan.

“Ini jelas ulah PTPN VIII yang sudah terlalu mengobral lahan perkebunannya, sehingga banyak bangunan berdiri di kawasan hulu,” tegasnya.

Ia juga melihat dalam kurun waktu kurang lima tahun, banyak lahan perkebunan teh berubah menjadi bangunan-bangunan permanen.

“Jadi kami ingin kementerian mengevaluasi KSO yang dilakukan PTPN VIII,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.