Plt Bupati: Pembangunan Jalan Tol ke Puncak Harus Dibarengi Pembangunan Destinasi Wisata Baru

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan. (Diskominfo)

CIBINONG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) berencana membangun shortcut atau ruas jalan tol Caringin-Cianjur exit Tol Gunung Mas guna mengurai kemacetan di jalan raya Puncak.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi V DPR RI Mulyadi saat mengunjungi pintu Tol Caringin, Bogor-Cianjur-Sukabumi (Bocimi) bersama Direktorat Jenderal Kemen-PUPR belum lama ini.

“Pemerintah pusat melalui Kemen-PUPR berencana akan membangun shortcut demi mengatasi kemacetan lalu lintas di Jalan Raya Puncak, tepatnya Jalan Tol Caringin-Cianjur,” ujar Mulyadi.

Menanggapi ini, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengapresiasi rencana Pemerintah Pusat membangun jalan tol Caringin-Cianjur untuk mengurai kemacetan di jalan raya Puncak.

Hanya saja, kata dia, ada yang penting harus diperhatikan yaitu perlu juga dibangun destinasi-destinasi wisata baru di wilayah itu. Sebab, orang ke Puncak itu tujuannya wisata jadi bukan ke Cianjur atau ke Bandung.

“Jadi selain jalan tol harus ada destinasi-destinasi baru di jalur Caringin dan Cigombong,” ujar Iwan Setiawan, Senin (6/6/2022).

Dengan begitu, ia meyakini kemacetan di jalan raya Puncak bisa terurai. “Kalau hanya jalan tol saja tanpa dibangun destinasi baru agar bisa memecah wisatawan, Puncak akan tetap macet,” ungkapnya.

Kemacetan Puncak ini dikarenakan tidak ada pilihan wisata bagi wisatawan yang akan ke Kabupaten Bogor. Sehingga semua terfokus di Puncak. Akhirnya setiap akhir pekan Puncak selalu dipusingkan dengan kemacetan..

“Kan Caringin arah ke Puncak melewati perbukitan itu panorama dan cuacanya hampir sama dengan Puncak, jadi bisa jadi daya tarik juga,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.