Plt Bupati Minta Dinas, Camat, Pemdes Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem Saat Ini

Ilustrasi cuaca ekstrem di Kabupaten Bogor. IST

CIBINONG – Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menginstruksikan kepada sejumlah dinas dan camat untuk tetap siaga di tengah kondisi cuaca yang sedang ekstrem ini. Khususnya di wilayah-wilayah yang rawan bencana.

Tidak hanya itu, Iwan Setiawan juga meminta para pengelola wisata alam untuk terus memperhatikan keselamatan wisatawan saat sedang berlibur di objek wisata tersebut.

“Cuaca saat ini memang susah diprediksi. Harusnya bulan ini menuju musim kemarau ya, tapi hari ini juga hujan,” ujar Iwan Setiawan kepada wartawan.

Untuk itu, Pemerintah daerah Kabupaten Bogor meminta sejumlah dinas khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Satpol-PP, Dinas Perhubungan, Damkar dan Dinas Kesehatan untuk tetap siaga.

“Tidak ada libur, tetap jaga posko di jalan juga di tempat-tempat rawan dan juga kami meminta kepada para camat untuk stanby demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Ya bencana alam maupun bencana lainnya supaya kita bisa mengantisipasi lebih cepat,” ungkapnya.

Selain itu, Pemerintah Desa juga harus selalu waspada atau sesering mungkin melakukan monitoring wilayah agar setiap ada gejala bencana bisa lebih cepat diantisipasi.

“Yang jelas semua pihak harus waspada dengan cuaca saat ini yang cenderung ekstrem,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko-Cisarua, Fatuhri mengatakan, saat ini sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dari mulai siang ini hingga sore nanti, Rabu (26/4/2023).

Wilayah-wilayah tersebut seperti di Pamijahan, Nanggung, Ciawi, Cisarua, Caringin, Sukajaya, Cigombong, dan sekitarnya.

“Dan dapat meluas ke wilayah Sukaraja, Babakan Madang, Sukamakmur, Leuwiliang, Ciampea, Cibungbulang, Jasinga, Cigudeg, Megamendung, Cijeruk, Tamansari, Tanjungsari, Leuwisadeng, Tenjolaya,
Kota Bogor, Bogor Selatan, Bogor Timur, dan sekitarnya,” terang Fatuhri. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.