Plt Bupati Iwan Setiawan: Jambore Cabang Wahana Pembinaan Anggota Pramuka Penggalang

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan membuka secara resmi Jamcab Kabupaten Bogor di wilayah V. IST

CISARUA – Pelaksanaan Jambore Cabang (Jamcab) Kabupaten Bogor tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Panitia pelaksana membagi jambore ke-5 wilayah dengan tempat yang berbeda-beda.

Wilayah I dilaksanakan di SDN Tipar Kecamatan Cigudeg, wilayah II di Pondok Pesantren Pertanian Darul Falah Kecamatan Ciampea, wilayah III di Kampung Wisata Alam Kampung Nyengcle Kecamatan Tanjungsari, wilayah IV di Bumi Perkemahan Cimandala Kecamatan Sukaraja, dan wilayah V di Gunung Mas Kecamatan Cisarua.

Setiap wilayah terdiri dari 8 kwartir ranting (kwarran) di Kwarcab Kabupaten Bogor dengan total peserta mencapai 3.320 orang. Untuk wilayah V, pelaksanaan jambore digelar mulai Kamis (23/6/2022) hingga Sabtu (25/6/202), sedangkan wilayah I-IV dimulai Jumat (24/6/2022) hingga Minggu (26/6/2022).

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan membuka secara resmi Jamcab Kabupaten Bogor di wilayah V. Menurut Iwan, jambore adalah wahana pembinaan dan pengembangan diri anggota Pramuka penggalang yang dikemas secara kreatif dan edukatif. Tujuannya untuk melatih dan mengembangkan mental, fisik, spiritual, serta sosial.

“Pesan saya untuk penyelenggara, dengan peserta yang terdiri penggalang siswa SD dan SMP/MTs tentunya harus ekstra hati-hati dalam pengawasan. Selalu waspada terhadap keselamatan diri dalam berkegiatan di alam. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Iwan.

Lebih lanjut, Iwan merasa terkesan dengan kegiatan Pramuka ini. Pasalnya, ia rindu akan kumpul-kumpul seperti Jamcab Kabupaten Bogor di wilayah V. Ia melihat peserta jambore sangat antusias dan gembira.

“Harapan saya kegiatan ini bisa dinikmati oleh seluruh Pramuka yang ada di Kabupaten Bogor dan kami minta kegiatan ini harus terus diadakan. Kalau sukses, berhasil dan semua mendukung kegiatan Pramuka ini, insya Allah saya sudah ngobrol dengan ketua kwarcab akan ada dukungan baik moril maupun materil. Insya Allah bantuan pemerintah yang bentuknya hibah kami akan tingkatkan di tahun yang akan datang,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor Agus Ridallah mengungkap alasan jambore ini dibagi ke dalam lima wilayah. Menurut dia, dengan dibagi ke dalam lima wilayah bisa memudahkan kwarran lain yang cukup jauh untuk mengikuti jambore ini di wilayah terdekatnya.

“Karena memang kita tidak ingin ada jumlah terlalu besar, karena kalau dipusatkan itu bisa sampai lima ribuan. Makanya kita bagi lima wilayah,” ungkap Agus.

Agus melihat pelaksanaan Jamcab Kabupaten Bogor khususnya di wilayah V sangat meriah dan pesertanya kreatif. Ia berharap, dengan adanya kegiatan jambore ini anggota Pramuka bisa semakin berkreasi lagi.

“Imbauan saya kepada peserta, tetap jaga kesehatan, jaga protokol kesehatan, manfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya, yang terakhir jaga aspek ketertiban. Semoga peserta pulang selamat, punya pengalaman menarik, terus dikembangkan di gugusdepan masing-masing. Yang paling penting adik-adik yang belum menjadi Pramuka Garuda harus jadi Pramuka Garuda,” pungkasnya. =DRN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.