Plt Bupati Ditodong Warga Saat Tinjau Harga Sembako di Pasar Cibinong: Turunin Dong Pak!

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan saat meninjau harga Minyakita di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan memantau harga sembilan bahan pokok (sembako) di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (20/2/2023).

Didampingi Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin), Perumda Pasar Tohaga dan jajaran lainnya, Iwan mendatangi sejumlah lapak dagangan. Mulai dari beras, minyak, hingga ayam potong.

Dalam pantauan tersebut, Iwan mendapati sejumlah harga yang mengalami kenaikan. Salah satunya harga Minyakita. Dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah Rp14 ribu, pedagang terpaksa menjualnya dengan harga Rp16 ribu per liter.

“Kita dapat dari distributornya aja di atas Rp14 ribu. Sekarang kita jual Rp16 ribu,” kata salah satu pedagang, Agus Setiawan saat dihampiri Iwan.

Di tengah peninjauannya tersebut, Iwan kemudian “ditodong” oleh seorang warga yang berada di pasar.

“Turunin dong pak. Sembako pada naik,” kata seorang ibu yang tengah berbelanja.

Menyikapi kondisi tersebut, Iwan memastikan jika Pemkab Bogor akan menindaklanjuti kenaikan harga. Apalagi menjelang bulan ramadan.

“Kami temukan sejumlah harga naik. Terutama minyakita ya. Itu minyak pemerintah yang diberi subsidi. HET nya Rp14 ribu tapi rata-rata itu dijual Rp16 hingga Rp17 ribu (per liter),” kata Iwan.

Setelah peninjauannya itu, Pemkab Bogor pun akan segera mendatangi setiap agen distributor yang mendistribusikan bahan pokok seperti minyak ke pasar.

“Besok kami turun ke agen-agen. Kami upayakan semaksimal mungkin sesuai kewenangan. Dan nanti akan kami laporkan juga ke Pemprov Jawa Barat soal kondisi,” jelas Iwan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.