Pj Bupati Turun Tangan Tutup Lokasi Pembuangan Sampah Liar di Rumpin

Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu saat mendatangi langsung lokasi pembuangan sampah ilegal di Rumpin . (Ist)

RUMPIN – Sikap responsif menerima aspirasi dan keluhan dari warganya di tunjukan oleh Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosefu yang langsung turun ke lapangan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi pembuangan sampah liar di wilayah Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor, Minggu (23/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Bogor juga berkomunikasi langsung dengan masyarakat sekitar, mendengar semua keluhan yang disampaikan soal aktivitas pembuangan sampah liar.

Menggunakan pakaian santai, Asmawa Tosefu juga langsung melakukan giat penutupan lokasi pembuangan sampah liar dan memasang garis polisi (police line) sebagai tanda pelarangan kegiatan pembuangan sampah liar tersebut.

“Iya benar, hari Minggu (23/6) kemarin saya sudah datang langsung ke lokasi pembuangan sampah tersebut,” ujar Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosefu ketika dikonfirmasi redaksi media ini, Selasa (25/6/2024).

Ia menegaskan, bahwa pembuangan sampah tersebut tidak memiliki izin dari Pemkab Bogor. Sehingga Pemkab Bogor harus memberikan tindakan tegas guna melindungi kepentingan masyarakat.

“Benar (sudah ditutup-red) dan sudah kami panggil pihak – pihak terkait dengan aktivitas ilegal tanpa ijin tersebut,” tegas Asmawa Tosefu.

Dalam giat tersebut, Pj. Bupati Bogor tampak didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bogor dan Pemcam Rumpin. Asmawa Tosefu juga tampak sangat serius mendengarkan aspirasi yang disampaikan oleh warga sekitar.

Ketua BPD Sukasari, Ridwan Oling yang ikut datang ke lokasi saat sidak tersebut mengaku sangat mengapresiasi sikap responsif dan tegas Pj. Bupati Bogor yang menutup aktivitas pembuangan sampah liar di wilayah desanya itu.

“Kami warga tentu akan menolak desa kami yang dijadikan lokasi pembuangan sampah liar. Perumpamaan nya, rumah kami saja dibersihkan, masa desa kami mau dikotori,” cetusnya.

Sebagai informasi, kasus pembuangan sampah liar ke wilayah Kabupaten Bogor ini sempat ramai dan menjadi sorotan luas masyarakat. Pasalnya, sampah – sampah liar tersebut diduga secara sengaja dibuang dari Tanggerang Selatan tanpa ada izin resmi.

Lokasi pembuangan sampah liar itu sudah ada di dua (2) titik yaitu di Desa Gorowong Kecamatan Parungpanjang dan Desa Sukasari Kecamatan Rumpin. Beruntung, kegiatan tersebut mendapat sorotan tajam dan penolakan keras dari warga masyarakat sekitar dan sejumlah aktivis lingkungan hidup. FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.