Pj Bupati Sentil Kades yang Bertemu Salah Satu Bacabup, Ingatkan Soal Netralitas

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu (Dok.Pakar)

CIBINONG – Sejumlah kepala desa (Kades) di Kabupaten Bogor mulai ‘bermain’ dengan politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Belum lama ini, para kades tersebut diketahui telah bertemu dengan salah satu Bakal Calon Bupati (Bacabup) Bogor.

Meski belum diketahui apa yang dibahas, hal tersebut telah memancing reaksi Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu.

Asmawa tak mentolerir apa yang dilakukan kades tersebut. Menurutnya, siap pemimpin di wilayah itu tidak beretika karena saat ini momennya Pilkada.

Sehingga, dia meminta para kades untuk menjaga kondusifitas dan netralitas jelang pemilihan kepala daerah di Bumi Tegar Beriman.

“Mari sama-sama netral mari kawal Pilkada ini sebagai momentum untuk menghasilkan pemimpin Kabupaten Bogor yang betul berpihak kepada masyarakat yang memikirkan pembangunan daerah,” kata Asmawa kepada wartawan, Kamis (4/7/2024).

Namun menyoal RT dan RW, Asmawa tidak bisa berbuat banyak. Sebab menurutnya, hal itu tidak diatur dalam undang-undang seperti kepala desa, ASN hingga aparat lainnya.

“Jadi kalau kepala desa dan perangkat (desa) memang tidak boleh (berpihak di Publik), tapi kalau RT/RW memang aturannya tidak diatur jadi sah sah aja,” jelasnya.

Sementara diketahui, Bacabup yang bertemu dengan para kades tersebut yakni calon kuat dari Golkar, yakni Jaro Ade. Pertemuan itu terjadi di wilayah Cibinong.

Pertemuan dengan kades itu diunggah Jaro Ade dalam akun Instagram miliknya pribadi @jaro_ade. Postingan pertemuannya diunggah pada Selasa 2 Juli 2024.

Dalam postingan tersebut, Jaro Ade mengaku bahwa para kades itu membayarkan makan dirinya di restoran tersebut.

“Siang yang berkah nih, tiba-tiba saya melintas ada bu lurah dan pak lurah, saya ditraktir makan, habis dari Pemda ada kegiatan. Makasih pak lurah ya sehat selalu,” kata Jaro Ade dalam postingannya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.