Pj Bupati Bogor Ingatkan Tanggung Jawab PPK Sangat Besar di Pilkada 2024

Sebanyak 200 personel PPK dilantik Ketua KPU Kabupaten Bogor persiapan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah). Age|Pakar

CIBINONG – Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyebut ada 60 persen muka baru dari 200 personel PPK (panitia pemilihan kecamatan) yang baru dilantik Ketua KPU Kabupaten Bogor, pada Kamis (16/5/2024).

“Hari ini kami baru saja menghadiri pelantikan 200 personil ppk untuk persiapan Pilkada 2024 baik itu pemilihan Gubernur Jawa Barat maupun Bupati Bogor. Dan pkk yang baru dilantik ini ada 60 persen muka muka baru atau pernah menjadi PPK pelaksanaan pemilu kemarin dan 40 persennya muka lama,” katanya kepada PAKAR, pada Kamis 16 Mei 2024.

Lanjut ia mengatakan bahwa pelantikan 200 personil ppk tersebut terdiri dari 40 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor untuk mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang jatuh pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

“Yang ada di 40 Kecamatan ini merupakan salah satu tahapan memang diamanahkan oleh undang-undang khususnya terkait dengan pemilu. Oleh karena itu kita Pemerintah Kabupaten Bogor menyampaikan ucapan selamat kepada bapak ibu saudara-saudari yang dilantik hari ini oleh ketua kpu kabupaten bogor,” ungkapnya.

Menurutnya tentu dengan harapan bahwa tugas yang ada dipundak ppk itu sangatlah berat karena sesungguhnya mereka merupakan ujung tombak pelaksanaan pesta demokrasi di wilayah kecamatan masing-masing.

“Nah pelantikan hari ini kmi memberikan pesan, ppk harus bertanggung jawab memiliki integritas harus jujur adil dan netral dalam rangka mengawal pesta demokrasi di kabupaten bogor,” jelasnya.

Kemudian dirinya berpesan agar lebih memperbanyak kolaborasi sinergi dan koordinasi baik sifatnya hirarki ke kpu maupun bersifat horizontal ke pengawas kecamatan.

“Kami minta lebih sosialisasikan lagi tahapan tahapan Pilkada dan memang pada pemilu 14 Februari kemarin partisipasi masyarakat kurang lebih. Harapan kita dengan Pilkada ini bisa berpartisipasi dan saya berpesan dengan personel ppk untuk berhati-hati lebih cermat dan teliti, tertib dalam rangka penataan usaha,” imbuhnya.

Senada dikatakan Ketua KPU Kabupaten Bogor, Adi Kurnia bahwa 200 personel yang baru dilantik itu terdiri dari 40 Kecamatan dari masing-masing 5 Personil ditugaskan disetiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

“Jumlah ppk itu ada 200 orang yang tersebar di 40 Kecamatan dan satu Kecamatan itu ada 5 Personil temen-temen ppk,” ucapnya.

Ia mengimbau kepada 200 PPK yang baru dilantik agar menjaga integritas dan netralitas dalam persiapan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) baik Pemilihan Gubernur (Pilgub) maupun Pemilihan Bupati (Pilbub).

“Himbauannya kepada temen-temen ppk agar menjaga integritas-nya dan netralitasnya dijaga karena desakan politik di Pilkada lebih keras dibandingkan dengan Pileg. Artinya Sorotannya itu sangat banyak di pilkada ini dan kita bersinggungan dengan masyarakat langsung terutama di Kabupaten Bogor,” terangnya.

Ia memaparkan setelah melakukan pelantikan, pihaknya pun sedang merekrut personil ditingkat Pemerintah Desa serta mempersiapkan CAT (computer assisted test) uang sedang dilaksanakan di SMAN 1 Cibinong.

“Selanjutnya kita ditingkat desa pun sedang melakukan perekrutan dan sekarang sedang proses cat yang akan dilaksanakan di SMAN 1 Cibinong. Adapun untuk pelatihannya temen-temen PPS juga akan dilaksanakan di 26 Mei nanti,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.