Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Dedie : Perangi Kemiskinan dan Kebodohan

Wakil Walikota Dedie Rachim saat memimpin upacara hari pahlawan ke 78 tahun 2023 tingkat Kota Bogor. (Ist)

BOGOR – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim memimpin peringatan Hari Pahlawan ke-78 bertema ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’ di Plaza Balai Kota Bogor, Jumat (10/11/2023) pagi.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, jajaran pimpinan Forkopimda, kepala perangkat daerah, TNI, Polri, ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Ketua Kadin dan jajaran lapas IIA Bogor.

Pada kesempatan itu, Dedie Rachim membacakan sambutan Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini. Dalam sambutannya Mensos mengatakan tema yang diangkat kali ini sebagai jawaban atas ancaman penjajahan modern yang kian nyata mengingat Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikarunia sumber daya alam yang luar biasa.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara. Berbekal semangat yang dicontohkan para pejuang 10 November 1945, generasi muda bersama rakyat Indonesia mampu pasti bisa walaupun bukan hal yang mudah,” kata Dedie Rachim.

Dedie Rachim menyampaikan, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

Para pahlawan telah mengajarkan bahwa bangsa Indonesia bukan pecundang, tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan yang hadir akan dihadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora. Saat ini semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri.

“Semangat perjuangan para pahlawan bangsa di tahun 1945 membawa bangsa Indonesia menolak kalah dan menolak menyerah pada keadaan. Menyatukan dalam upaya mewujudkan kehidupan berbangsa yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, mewujudkan masa depan yang lebih baik. Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” jelasnya.

Usai upacara peringatan Hari Pahlawan, Dedie Rachim bersama unsur pimpinan Forkopimda Kota Bogor dan para kepala perangkat daerah Pemkot Bogor melakukan ziarah ke taman makam Pahlawan Bogor. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.