PGM Deklarasikan Guru Setara Madrasah di Program GEMA BARU

Hasbulloh, Ketua DPD PGM Indonesia. (Ist)

CIANJUR –Terkait masih terjadinya anggapan guru madrasah yang tidak setara dalam sistem pendidikan dan penghargaan umum yang menilai madrasah tidak memiliki kualitas dibanding lembaga pendidikan lainnya seperti sekolah. Kondisi tersebut, terlihat didalam rekrutmen tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang dinilai tidak memuaskan terhadap kalangan madrasah.

Ketua DPD Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Indonesia Kota Bogor, Hasbulloh mengatakan, seperti formasi tambahan guru madrasah tahun ini, tentunya menjadi masalah besar bagi tenaga honorer yang ada dibawah naungan Kementerian Agama (Kemenag).

Ini karena guru agama baik yang ada di madrasah maupun sekolah umum, lebih banyak berstatus honorer. Dengan tidak adanya tambahan kuota formasi guru agama dan kecilnya kuota untuk madrasah, otomatis peluang mereka menjadi aparatur sipil negara (ASN) PPPK menjadi tertutup.

“Kabar baik nasib guru honorer tidak kunjung tiba, hingga habis batas usia pendaftaran mengikuti tes CPNS. Kebijakan moratorium penerimaan CPNS dilingkungan kemenag ini, menjadi benturan,” terangnya.

Untuk menyikapi hal tersebut, Hasbulloh menggagas untuk membangun program Gerakan Guru Madrasah Jabar Juara yang disingkat “GEMA BARU”. Dengan tema tidak perlu banyak mengeluh. Semua pasti ada jalan keluar. Karenanya kami menyusun program sebagai model berkesinambungan yang bisa diaplikasikan untuk para guru madrasah di Jawa Barat,” paparnya.

Dia mendorong pola kemandirian guru madrasah dengan melakukan peningkatan kapasitas dan kompetensi, menguatkan jaringan dan komunikasi antar madrasah sekaligus melakukan pembuktian pencapaian prestasi yang telah dicapai peserta didik dalam kelembagaan madrasah dan pesantren. Untuk dapat menempatkan madrasah, guru dan peserta didik setara dengan sekolah umum lainnya.

“Itu sebabnya, GEMA BARU juga memunculkan tagline “Guru Setara, Madrasah Juara” yang diharapkan dapat memicu semangat perubahan,” imbuhnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.