Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Raih Perpamsi Award 2021

Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor berhasil meraih penghargaan Perpamsi Award 2021. (Dok | Perumda)

CIBINONG – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, berhasil meraih penghargaan sebagai BUMD Air Minum Sehat dengan cakupan pelayanan terbaik untuk wilayah kabupaten dalam Musyawarah Antar-Perusahaan Air Minum Nasional (Mapamnas) Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) ke-XIV, di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Penghargaan yang berlangsung pada Rabu 8 Desember 2021 itu diterima langsung oleh Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Yuliansyah Anwar dengan didampingi Direktur Umum (Dirum), Abdul Somad.

Yuliansyah Anwar menjelaskan, saat ini Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah melayani 26 dari 40 kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor dengan cakupan layanan wilayah administrasi sebesar 10,38 persen dengan jumlah pelanggan sebanyak 196.571 sambungan.

Tentunya pencapaian ini tidak lepas dari peran serta seluruh stakeholders, mulai dari Bupati Bogor sebagai KPM Perumda Air Minum Tirta Kahuripan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, DPRD Kabupaten Bogor, pelanggan dan elemen lain yang masing-masing memberikan kontribusi sesuai fungsi dan perannya masing-masing.

“Selain terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan, tentunya kami mengharapkan dukungan stakeholders dalam hal regulasi mengenai perlindungan dan pemanfaatan sumber air baku, yang pada akhirnya dapat mendukung meningkatnya kinerja Perumda Air Minum Tirta Kahuripan khususnya dalam penambahan cakupan pelayanan,” jelasnya, Minggu (12/12).

Dalam agenda tersebut, Mapamnas Perpamsi ke-XIV mengangkat tema
“Ketahanan Iklim dan RPAM Menjamin Pasokan Air Aman Tahun 2024”. Yuliansyah Anwar menyebut tema itu
merupakan momentum untuk mengingatkan bahwa sistem penyediaan air minum yang ada harus dikaji ulang untuk memastikan ketahanannya (climate resilient) dari ancaman perubahan iklim (climate change).

“Ini adalah bagian dari evaluasi, dimana kita harus terus meningkatkan pelayanan demi memenuhi kebutuhan para pelanggan,” kata dia.

Sementara diketahui, dalam agenda yang digelar selama dua hari pada 8 sampai 9 Desember 2021, penghargaan serupa juga didapatkan oleh BUMD Air Minum Kabupaten Malang, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Tuban dan Kabupaten Gunung Mas.
Mapamnas XIV PERPAMSI digelar selama dua hari, 8-9 Desember 2021.

Selain pembukaan, pada hari pertama juga diisi beberapa kegiatan seperti peluncuran Sistem Informasi Manajemen Rencana Pengamanan Air Minum (SIM RPAM) dan diskusi lintas kementerian. Sesi selanjutnya yakni pembahasan Tatib sidang, Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) 2017-2021 dan pandangan umum. Hari terakhir sidang komisi terkait AD/ART, Renstra serta evaluasi LPJ. Puncak acara adalah pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum Perpamsi masa bakti 2021-2025. =MAM/KM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.